Menjadi Sentra Vaksinasi, Salman ITB Kembali Gelar Vaksinasi Massal

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kehadiran vaksin Covid-19 telah berdampak besar bagi keberlanjutan roda kehidupan bangsa. Sekarang, masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi mulai menerapkan disiplin protokol kesehatan menjadi kebiasaan sehari-hari.

Vaksinasi menjadi jalan untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19, meski begitu risiko penularan tetap harus diwaspadai. Hingga saat ini, jumlah masyarakat yang telah divaksinasi sampai dosis kedua berjumlah hampir 35 juta orang. Angka ini masih jauh dari target yang diarahkan pada pembentukan herd immunity.

Menyadari pentingnya vaksinasi dan besarnya keinginan untuk memulihkan kondisi negeri, Salman ITB mengambil bagian dengan menggelar kembali vaksinasi gratis, mulai Senin (13/9/2021).

Ketua Umum YPM Salman ITB, Prof. Dr. Ir. Suwarno mengatakan,kegiatan vaksinasi massal Masjid Salman ITB ini diperuntukkan bagi masyarakat umum, mulai dari usia produktif hingga lansia.

“Secara khusus, vaksinasi ini juga ditujukan untuk para petugas rumah ibadah dan mereka yang bertugas di ruang publik, yang rentan menjadi titik penyebaran virus. Inilah wujud manfaat yang diberikan Masjid Salman ITB #DariMasjidUntukSemua,” ucapnya.

Menurut Suwarno, seluruh peserta vaksinasi yang telah terdaftar mengikuti berbagai tahapan vaksinasi sesuai prosedur, mulai dari tahap screening kesehatan, penyuntikan vaksin, sampai observasi pasca vaksinasi.

“Total kuota peserta vaksinasi kali ini mencapai tiga ribu orang sehingga jika dijumlahkan ada 5.000 orang yang menerima manfaat dari kehadiran sentra vaksinasi Salman ITB,” kata Suwarno, di Masjid Salman ITB, Senin (13/9/2021).

Sebelumnya pada sekitar bulan Juni hingga Agustus, Salman ITB berkolaborasi bersama banyak pihak diantaranya Wakaf Salman ITB, Rumah Amal Salman, Dinas Kesehatan Kota Bandung, PT Bio Farma (Persero), PERSIB, HIPMI Jawa Barat, IA ITB, D/Joom, Jabar Quick Response, Telkom Indonesia, dan Dewan Masjid Indonesia. melaksanakan tes SWAB dan vaksinasi gratis. (Parno)