KPID Jabar Umumkan Nominasi Anugerah KPID Jawa Barat Tahun 2022

KILASBANDUNGNEWS.COM – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat mengumumkan nominasi Anugerah KPID Jawa Barat Tahun 2022, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Jumat (28/10/2022).

Setiap kategori, dipilih tiga lembaga penyiaran terbaik, yang berkesempatan menang dan dinobatkan menjadi juara pada Malam Anugerah KPID Jabar Tahun 2022, yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bekasi, pada 2 November 2022, bertepatan dengan momentum Analog Switch Off (ASO) untuk televisi.

Ketua KPID Jawa Barat Adiyana Slamet menegaskan KPID Jawa Barat tidak ikut campur dalam penjurian, namun ikut memastikan bahwa yang masuk nominator ini adalah lembaga penyiaran yang dalam setahun terakhir tidak memiliki catatan pelanggaran isi siaran secara administratif dan melalui pemantauan program isi siarannya.

“Tidak hanya memberi sanksi, melalui Anugerah KPID Jawa Barat ini kami ingin mengapresiasi lembaga penyiaran yang taat regulasi dan menghasilkan karya terbaik untuk ikut mendorong konten yang positif, inovatif, mendidik untuk mencerdaskan masyarakat Jawa Barat,” kata Adiyana, dalam acara JAPRI (Jawa Barat Punya Informasi) Vol.108, Tema: Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat Ke-15 2022, Jumat (28/10/2022)

“Seluruh penilaian sudah dilakukan oleh dewan juri independen melalui beberapa tahapan,” ucapnya.

Menurut Adiyana, Anugerah Penyiaran Jawa Barat tahun ini menjadi momentum yang spesial. Sebab bertepatan dengan batas akhri ASO sesuai perintah Undang-undang 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pada pasal 60A bahwa ASO selambat-lambatnya dua tahun sejak diundangkan, ASO harus sudah terwujud di Indonesia, tepatnya pada 2 November 2022.

“Kami ingin menyampaikan pesan, bahwa KPID Jawa Barat tetap tegak lurus mengawal ASO tepat waktu pada 2 November 2022, sesuai dengan amanat undang-undang. Memang penuh dinamika, namun negara tidak boleh kalah. Karena kepentingan publik harus diutamakan,” katanya.

Selain itu, tahun ini juga bertepatan dengan 20 tahun Undang-undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Sehingga KPID Jawa Barat berharap agar revisi Undang-undang no 32 tahun 2022 tentang Penyiaran segera selesai, sehingga mampu mengakomodir kepentingan publik yang lebih besar, mengikuti perkembangan kemajuan teknologi dalam bidang penyiaran dan dapat membangun ekosistem penyiaran di Indonesia yang mampu berkompetisi dengan negara-negara lain.

“Tuntutan perkembangan zaman agar Undang-undang penyiaran diperbaharui. Karena ekosistem penyiaran hari ini sudah sangat berbeda dengan konsisi 20 tahun yang lalu. Maka dari Jawa Barat kami mendorong agar revisi ini segera selesai, agar dunia penyiaran kita semakin baik,” tuturnya.

Adiyana menambahkan bahwa Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat Tahun 2022 ini memberikan penghargaan untuk 23 kategori. Kategori utama untuk lembaga penyiaran dinilai langsung oeh dewan juri independen, dan beberapa kategori tambahan dinilai oleh KPID Jawa Barat.

“Tidak hanya mengapresiasi karya yang dikirimkan, tahu ini kami juga melakukan pemantauan khusus untuk memilih secara objektif kategori Lembaga Penyiaran Teladan, Lembaga Penyiaran Kolaboratif, dan Lembga Penyiaran Ramah Disabilitas,” kata Adiyana.

Ketua Panitia Anugerah KPID Jawa Barat Tahun 2022, Jalu P Primbodo menyampaikan apresiasi kepada seluruh lembaga penyiaran yang telah berpartisipasi dengan mengirimkan karya terbaiknya. Meski tidak semuanya bisa masuk nominator atau bahkan menang, namun keikutsertaan dalam acara Anugerah KPID Jawa Barat Tahun 2022 adalah bentuk dukungan luar biasa.

“Catatan panitia, ada 193 karya yang masuk. Meliputi Kategori Radio, Kategori Televisi, Penyiar/Presenter, LP Teladan, LP Kolaboratif, LP Ramah Disabilitas, dan Lifetime Achievment,” kata Jalu.

Jalu menambahkan, jika dalam dua tahun terakhir ini, KPID Jawa Barat juga melibatkan generasi-generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam Pasanggiri Duta Penyiaran Jawa Barat. Salah satu rangkaian acara Anugerah KPID Jawa Barat, yang bertujuan untuk memilih talenta-talenta terbaik menjadi calon penerus SDM-SDM penyiaran di Jawa Barat.

“Anak-anak muda di Jawa Barat mengikuti seleksi untuk jadi Duta Penyiaran. Pemenangnya akan kami rekomendasikan untuk bekerja di lembaga penyiaran di Jawa Barat, dan kami libatkan dalam program KPID Jawa Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan Juri Anugerah Penyiaran KPID Jabar ke-15 Tahun 2022 Dadang Rahmat Hidayat memapatkan bahwa untuk kriteria penilaian hampir sama dengan kegiatan serupa yang pernah dilakukan.

“Karena standar yang digunakan diantaranya adalah Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), aspek teknis dan aspek “value” atau nilai seperti bagaimana kepentingan publik dan lokalitas,” kata Dadang.

“Dengan standar yang sama, saya lihat saat ini ada peningkatan kualitas karya yang dikirimkan kepada panitia,” imbuhnya.

Rencananya malam Anugerah KPID Jawa Barat Tahun 2022 akan langsung dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil beserta istri Ibu Arthalia Praratya Kamil, PJ Bupati Bekasi Bapak Dani Ramdhan, dan sejumlah pejabat dari Kementrian Kominfo, KPI Pusat, dan KPID Se-Indonesia.

Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat Tahun 2022, diselenggarakan di Nuaza Hotel Kabupaten Bekasi pada Rabu 2 November 2022. Hadir bintang tamu yang akan memeriahkan acara seperti Mytha Lestari, Ridwan Remin, Mansyur Angklung, dan masih banyak yang lain.

NOMINASI ANUGERAH PENYIARAN KPID JABAR KE-15 TAHUN 2022

Kategori Berita Televisi:
1. MNC TV Jawa Barat Lintas iNews Jabar Eps. 18
2. SMTV Sumedang Bewara SMTV
3. CNN Indonesia Jawa Barat Jabar Today

Kategori Hiburan (Seni Budaya Lokal) Televisi:
1. BandungTV Si Cepot Ngador Eps. Layangan Pegat
2. SMTV Sumedang Cepot Show kolaborasi Calung
3. TVRI Jawa Barat Cianjuran

Kategori Program Keluarga Televisi:
1. TVRI Jawa Barat Anak Indonesia
2. TRANS7 Jawa Barat Enah Bikin Enak
3. Inspira TV Bandung DOREMI

Kategori Dokumenter Televisi:
1. Inspira TV Bandung Warisan Indonesia Spesial Karawang
2. KOMPASTV Jawa Barat Sosok dan Inspirasi Mochtar Kusumaatmadja
3. TVRI Jawa Barat Cipta Gelar Sahabat Bintang

Kategori ILM ASO Televisi:
1. TVRI Jawa Barat ASO
2. TRANSTV Jabar Nyari Sinyal
3. Inspira TV Bandung Analog Pensiun

Kategori Program Siaran Religi Televisi:
1. TVRI Jawa Barat Jejak Islam
2. MQTV Bandung Magrib Mengaji
3. Inspira TV Bandung Sang Penerus

NOMINASI RADIO ANUGERAH PENYIARAN KPID JABAR KE-15 TAHUN 2022

Kategori Berita Radio:
1. ADS Radio Karawang Bewara Basa Sunda
2. LPPL Radio ERKS FM Sumedang Editorial
3. Radio Dakta FM Bekasi Dakta Info

Kategori Hiburan (Seni Budaya Lokal) Radio:
1. LPPL Radio Kuningan FM Warung bajigur Edisi Kuliner Sunda Buhun
2. Radio DSK FM Karawang Gentra Panineungan Eps. Darmaloka
3. Radio Megas FM Kawali Ciamis Dongeng Sunda

Kategori Program Keluarga Radio:
1. Radio Dakta FM Bekasi Talkshow AIMI
2. Radio Wadi FM Bogor Pagi Ceria
3. PR FM Bandung Rumah Keluarga

Kategori ILM Umum Radio:
1. Radio Dahlia FM Bandung Tong Hilap Basa Sunda
2. Radio DSK FM Karawang Milad Karawang Ke-389
3. Radio Flamboyan FM Karawang Cinta dan Berkarya Untuk Indonesia

Kategori ILM Radio Komunitas:
1. Rakom Panji FM Pangandaran Cinta Lingkungan
2. Rakom Suara Lelez Garut Cegah Stunting
3. Rakom Sportif FM Cirebon Generasi Digital Tidak Gagal Paham

Kategori Program Siaran Religi Radio:
1. RadioQu Kuningan Pesantren Udara
2. Radio DSK FM Karawang Hikmah Jum’ah: Qurban
3. Radio Dian FM Sukabumi KISOS Muhammad Al-Fatih