Bandung – Pembangunan jalan penghubung KM 149 Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) atau Exit Tol Gedebage dimulai. Akses tol ini akan menghubungkan Tol Padaleunyi dengan kawasan Gedebage termasuk dengan rencana pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

Pembangunan jalan sepanjang 2,5 kilometer tersebut dilakukan di atas lahan yang sudah dibebaskan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pembangunan dilakukan oleh Summarecon Bandung atau PT Mahkota Permata Perdana dengan anggaran Rp 100 miliar.

Acara groundbreaking jalan penghubung tersebut dilaksanakan secara simbolis melalui penekanan tombol sirine oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, President Director Summarecon Adrianto P Adhi, dan Executive Director Summarecon Bandung Hindarko Hasan, di kawasan Summarecon Bandung, Kamis (5/4/2018).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan pola pembangunan jalan melalui kerja sama antara pemerintah dan swasta ini telah dilakukan dua kali di Jawa Barat.

“Ini kerja sama yang sangat baik. Summarecon membantu pemerintah membangun jalan, dan ini yang kedua di Jawa Barat. Lahannya sudah dibebaskan oleh pemprov, pembangunan tahap awal sudah oleh pemerintah pusat, tinggal sisa ke jalan penghubung dengan Gedebage sampai 2.480 meter,” kata gubernur.

Aher berharap pembangunan ini akan meningkatkan aksesibilitas warga di kawasan timur Bandung Raya. Dengan demikian, transportasi orang maupun barang di kawasan ini semakin lancar. Selain menjadi akses ke kawasan permukiman, jalan ini akan terhubung juga dengan Masjid Raya Jawa Barat atau Masjid Al Jabbar.

“Kami sangat bersyukur dengan dimulainya pembangunan jalan penghubung Exit Tol Gedebage KM 149 Padaleunyi pada hari ini. Harapan kami, pembangunan infrastruktur ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, khususnya kawasan Bandung Timur,” kata President Director Summarecon, Adrianto P Adhi dalam sambutannya.

Dimulainya pembangunan jalan penghubung Exit Tol Gedebage KM 149 ini merupakan lanjutan dari Perjanjian Kerja Sama Summarecon Bandung dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membangun infrastruktur di wilayah timur Bandung pada 10 Januari 2018.

Infrastruktur yang dibangun berupa pembangunan jalan, bundaran, dan flyover sepanjang lebih dari 2,5 kilometer, yang menghubungkan Exit Tol Gedebage KM 149 Padaleunyi dengan jalan umum lainnya. Sejumlah infrastruktur tersebut dibangun oleh Summarecon Bandung di atas lahan seluas 48.912 meter persegi milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Seluruh pembangunan jalan tersebut merupakan bagian dari sistem besar konstelasi jaringan jalan tol Bandung Raya yang di dalamnya terdapat pembangunan flyover tol yang merupakan bagian dari BIUTR. ***

Agustin Purnawan/ LPS PRSSNI Bandung