Kilas Bandung, Kamis (3/1/2019)

KilasBandung – PD Kebersihan Kota Bandung menjalin kerjasama dengan pihak swasta dalam memanfaatkan sampah kardus untuk didaur ulang dan dapat bernilai ekonomi. Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana mengatakan kerjasama dilakukan agar program pemanfaatan sampah kardus itu bisa berkesinambungan.

Founder Waste for Change Alam Indonesia, Mohamad Bijaksana Junerosano mengatakan kerja sama strategis dengan PD Kebersihan Kota Bandung dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program Kangpisman dalam mengatasi sampah di kota Bandung sehingga nantinya sampah kemasan minuman karton bisa punya nilai jual.

Pembangunan jalan tol dalam kota Bandung atau North South Link dipastikan akan dibiayai oleh swasta tanpa membebani APBD Kota Bandung. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan meski proyeknya berada di jalan provinsi, pemerintah kota Bandung yang akan memberikan semua perijinan, RTRW, Amdal, dan sebagainya.

Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Kota Bandung akan dibangun sampai tingkat kelurahan. Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan, Pusekesos di tingkat kelurahan merupakan ujung tombak dari Puskesos Kota Bandung yang berpusat di Rancacili Kota Bandung.

PD Kebersihan Kota Bandung akan mencoba beberapa metode pengomposan sampah. Direktur Umu PD Kebersihan Kota Bandung Gungun Saptari Hidayat mengatakan, beberapa metode akan dicoba untuk memilih yang paling memungkinkan untuk digunakan.

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat mengapresiasi PT Kereta Api Indonesia atas dibukanya KA Pangandaran yang melayani rute Banjar-Tasikmalaya-Bandung hingga Jakarta. Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik menilai pembukaan rute perjalanan baru kereta api ini dapat memacu wilayah Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus serta mendukung perekonomian kawasan Jabar Selatan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung memberikan apresiasi kepada partai politik yang telah melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilpres dan Pileg 17 April 2019 mendatang. Ketua KPU Kota Bandung, Suharti berharap sosialisasi menjadi salah satu proses pendidikan politik sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 bisa lebih baik dibanding sebelumnya.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.