Kilas Bandung, Kamis (27/6/2019)

KilasBandung – PD Pasar Bermartabat Kota Bandung bersama Diskar PB Kota Bandung, PLN dan dinas lainnya berencana melakukan perbaikan instalasi listrik di pasar tradisional untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di pasar tradisional. Menanggapi rencana tersebut, seorang pedagang beras di Pasar Sederhana H. Sarifuddin merasa senang karena menambah rasa aman saat berjualan.

Diskar PB Kota Bandung melakukan inspeksi ke sejumlah pasar tradisional menyusul terjadinya kebakaran yang melanda pasar Kosambi dan pasar Ujungberung. Kasi Pemeriksaan dan Pengawasan Gedung dan Bangunan Diskar PB Kota Bandung Elan Suparno menemukan banyak sambungan dan kabel listrik yang tidak memenuhi standar sehingga dapat memicu terjadinya kebakaraan.

Kota Bandung masih konsisten memiliki lembaga Komisi Penanggulangan AIDS atau KPA dibanding daerah lain. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan keberadaan lembaga KPA dinilai masih diperlukan untuk membantu mencegah semakin meluasnya penyebaran HIV/ AIDS.

Dishub Kota Bandung dan Satlantas Polrestabes Bandung menggelar operasi penertiban parkir liar di sejumlah titik di pusat Kota Bandung. Wakasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan dengan adanya kegiatan rutin razia terjadi penurunan jumlah pelanggar parkir liar.

Manajemen yang buruk dinilai menjadi penyebab runtuhnya sejumlah pusat perbelanjaan atau ritel besar baru-baru ini. Analis usaha dari Wismilak Foundation Edrik Chandra menilai, selain manajemen atau tata kelola yang buruk, tidak adaptifnya sebuah usaha terhadap kebutuhan pasar juga dapat menyebabkan runtuhnya perusahaan tersebut.

Satpol PP Kota Bandung diminta terus meningkatkan kinerjanya dan harus menjadi garda terdepan penegakan perda Kota Bandung. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengingatkan Satpol PP harus tetap bersahaja kepada masyarakat dengan menghindari tindak kekerasan dalam melaksanakan tugasnya.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.