Harga Pangan Melejit! Cabai Rawit Merah Tembus Rp 100 Ribu/Kg

KILASBANDUNGNEWS.COM – Beberapa harga bahan pangan tengah mengalami kenaikan. Bahkan harga cabai kini sudah menyentuh Rp 100 ribu per kg. Berdasarkan pantauan detikcom di Pasar Tebet Timur, Rabu (8/6/2022), harga sayur mayur pun kompak mengalami kenaikan. Kenaikan paling tinggi yakni cabai rawit merah yang mencapai Rp 100 ribu per kg.

“Iya sekarang cabe lagi mahal. Per kg nya untuk cabe rawit merah di Rp 100 ribu,” ujar salah satu pedagang, Lasmi.

Lasmi juga menambahkan kalau harga jenis cabai-cabaian yang lain pun masih mahal. Seperti cabe rawit hijau, cabe keriting merah dan hijau, hingga cabai merah besar, kata Lasmi, harganya berada di kisaran Rp 70 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai hijau besar di harga Rp 50 ribu per kg.

“Nggak ada yang murah sekarang mah semuanya mahal. Sayuran, bawang cabe, sekarang mahal. Rata semua. Malah lebih murah pas Lebaran kemarin,” ujar Lasmi.

Menurut Lasmi kenaikan harga ini bisa menyebabkan kondisi pasar akan semakin sepi. Penjualan pedagang pun bisa menurun.

“Pasar sedang sepi, makin-makin sepi karena cabai mahal. Pembelinya menurun,” tambahnya.

Lasmi juga mengungkapkan kalau dirinya tidak tahu menahu mengenai alasan kenaikan ini. Menurutnya hal ini berkemungkinan disebabkan karena saat ini sedang musim hujan. Mesi begitu, semuanya dikembalikan lagi pada Pasar Induk Kramat Jati tempat rata-rata pedagang mengambil suplai dagangannya.

“Kadang di pasar Kramat Jati tiap jamnya bisa berbeda harga. Misalnya siang harga cabai Rp 70 ribu. Kemudian ternyata pas malam stok nya tidak ada, tiba-tiba bisa di Rp 100.000. Kalo pasar yang kecil kayak gini kecekik bener,” ucapnya.

Tidak hanya Lasmi, Menil, salah satu pedagang sayur mayur lainnya juga mengeluhkan hal yang sama.

“Semua dagangan sayur ini lagi mahal. Dari mulai cabai, bawang, tomat, semua mahal. Ini dari lebaran juga belum turun,” ujar Menil.

Dirinya juga menambahkan kalau harga cabai rawit merah melesat hingga menyentuh angka Rp 100 ribu per kg.

“Cabe rawit merah Rp 100 ribu per kg. Yang lain juga masih mahal, keriting merah dan hijau, rawit hijau, dan merah besar di Rp 80 ribu per kg. Yang paling murah itu cabai hijau besar di Rp 40 ribu per kg, itu pun masih mahal,” ujar dia. (Sumber : Detik.com)