Asperapi Jabar Dorong Pemerintah Wujudkan Gedung Convention Berskala Internasional

KILASBANDUNGNEWS.COM – Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) mendorong Pemerintah Kota Bandung maupun Jawa Barat untuk mewujudkan gedung convention berskala internasional yang bisa digunakan untuk pameran besar dan mendorong ekonomi pariwisata di Jawa Barat.

Ketua DPD Asperapi Jawa Barat, Dede Koswara mengatakan, gedung convention berskala internasional diperlukan sebagai upaya untuk membantu mendatangkan wisatawan, khususnya wisatawan bisnis yang saat ini belum tersentuh secara baik.

“Jika Kota Bandung atau Jawa Barat bisa menangkap peluang mice untuk dikmaksimalkan, maka akan memberikan multiflier efek ekonomi bagi perekonomian di Jabar,” ucap Dede, dalam Seminar MICE 2020 di Hotel Harris, Bandung, Senin (21/12/2020).

Menurut Dede, event meeting, insentif, conference di Bandung sudah berjalan, namun untuk exshibition atau pameran berskala internasional atau besar belum terselenggara. Pasalnya, sebagai ibukota Jawa Barat, Kota Bandung belum memiliki gedung convention yang representatif, yang mampu menampung pameran skala internasional seperti halnya JCC yang sering digunakan untuk Ina Craft atau GIAS.

“JCC, itu 25000 meter, Ina Craft digelar di JCC itu bisa tertampung dan terisi, kalau tidak untuk disini bisa memiliki 6000 meter pameran internasional itu sudah bisa dilakukan tapi harus didukung juga fasilitas gedung yang memadai,” ujarnya.

Dede mengharapkan, dalam3 hingga 4 tahun kedepan Gedung Convention Berskala Internasional harus terwujud, ini penting untuk mendorong ekonomi pariwisata di Kota Bandung dan Jabar, terlebih saat ini banyak event dari berbagai daerah yang ingin melakukan pameran besar di Kota Bandung Jawa Barat.

“Industri MICE berusaha bagaimana kedepan dalam rangka memberikan konrtribusi meningingkatkan ekonomi pariwisata adalah mewujudkan gedung convention bersakala internasiona dalaml 3-4 tahun kedepan,” jelasnya.

Dede mengungkapkan, saat ini Bandung dan Jawa Barat banyak yang melirik, karena provinsi yang memiliki penduduk terbesar dan termasuk provinsi dengan ekonomi cukup maju, termasuk fasilitas pendukung untuk penyelenggaraan event sudah lengkap, baik dari sisi hotel berbintang nya yang banyak, akses tol, mall, dan lainnya cukup memedai.

“Kalau memiliki gedung convention yang representatif potensi unggulan daerah bisa di ekspos dalam event pameran skala besar setingkat nasional bahkan internasional dan ini bisa memberikan multiflier efek yang luar biasa,” pungkasnya. (Parno)