SPBU COCO Unpad Jatinangor, Kolaborasi Unpad-Pertamina

KILASBANDUNGNEWS.COM – PT Pertamina Retail sebagai bagian dari Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga kembali memperluas jaringan SPBU, kali ini berlokasi di lingkungan kampus Universitas Padjadjaran Jalan Raya Jatinangor, Km 21, Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Direktur Utama Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan kehadiran SPBU dimanapun di Indonesia sangatlah penting. Karena merupakan sebagian dari kewajiban Pertamina untuk menyiapkan, memenuhi dan mendistribusikan energy ke seluruh pelosok tanah air.

“Ini jadi semakin penting, karena ini menjadi bagian dari kerjasama dan kolaborasi antar Pertamina sekalu BUMN yang menjalankan bisnis dan Unpad yang bertugas untuk menciptakan lulusan-lulusan terbaik,” ucap Riva, usai meresmikan SPBU COCO Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (13/11/2023) .

“SPBU yang dibangun di lahan bukan milik UNPAD melainkan aset pemerintah punya negara sehingga kolaborasi ini semakin baik,” imbuhnya.

Menurut Riva, pembangunan SPBU selalu penting. Karenanya jika kedepan terdapat lokasi yang bisa digunakan untuk pembangunan SPBU.

“Yang pasti itu akan untuk memperoleh energy. Dan dalam hal ini memermudah mahasiswa untuk mendapatkan energy, terutama energy yang baik,” kata Riva.

Riva menuturkan bahwa, pembangunan SPBU COCO Unpad Jatinangor tidak hanya untuk menjual BBM saja, tetapi dengan mengusung konsep Bright Store, sehingga masyarakat atau konsumen yang datang ke lokasi bisa mendapatkan fasilitas kebutuhan lainnya.

“SPBU ini akan menjadi SPBU contoh, karena sebenarnya SPBU itu sekarang akan dikembangkan jadi sesuatu yang lebih hanya sekedar menjual BBM. Nanti di Bright Store ini, merupakan salah satu bentuk layanan diluar BBM, ini yang akan dikembangkan agar masyarakat yang datang ke SPBU akan nyaman,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. mengapresiasi kehadiran SPBU Pertamina beserta fasilitasnya di UNPAD Jatinangor .

“Rasa terimakasih kepada Pertamina Retail dengan dibangunnya SPBU dan fasilitasnya maka ruang perpustakaan Unpad dapat berfungsi kembali,”

Rina berharap, kerjasama dengan Pertamina tidak hanya pengembangan dan pemanfaatan lahan saja, tetapi dapat berkelanjutan dalam bentuk kerjasama-kerjasama lain. Beberapa produk yang akan dijual di sini seperti biskuit stunting, berbagai aneka yoghurt kesehatan termasuk alat-alat kesehatan juga produk pertanian.

“Tentu saja Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN, harapannya kerjasama ini dapat berlanjut dalam bentuk kerjasama lain, terutama memberikan kesempatan kepada mahasiswa Unpad untuk dapat menjadi bagian perusahaan agar dapat mengenal lebih jauh tentang Pertamina dan meningkatkan kompetensi mahasiswa,“ ujar Rina. (Parno)