PPDB SMA-SMK Jabar 2022: Kuota Afirmasi dan Alur Pendaftaran

KILASBANDUNGNEWS.COM –  Pelaksanaan PPDB Jabar 2022 untuk SMA, SMK dan SLB memasuki tahap persiapan. Jalur afirmasi diberikan kuota sebesar 20 persen, dari daya tampung masing-masing sekolah.

Jalur afirmasi PPDB 2022 Jabar ini terdiri dari kategori Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), anak berkebutuhan khusus (ABK), dan kondisi tertentu. Pelaksanaan pendaftaran PPDB Jabar 2022 melalui jalur afirmasi dibuka mulai tanggal 6 Juni hingga 10 Juni 2022. Pendaftaran bisa melalui situs resmi Disdik Jabar atau langsung ke sekolah dengan catatan karena konektivitas internet lemah.

Dikutip dari dokumen sosialisasi PPDB 2022 Disdik Jabar, Kamis (19/5/2022), menyebutkan dari total 20 persen kuota dari jalur afirmasi ini terbagi menjadi tiga kategori. Untuk kategori KETM mendapat jatah sebesar 12 persen. Kemudian, kuota ABK, yaitu disabilitas, anak cerdas dan istimewa mendapat jatah 3 persen. Sedangkan kategori kondisi tertentu mendapat jatah 5 persen.

Kategori kondisi tertentu ini merupakan layanan PPDB Jabar 2022 yang ditujukan kepada masyarakat yang bertugas dalam penanganan COVID-19, korban bencana alam atau sosial. Serta kondisi yang mengganggu kelancaran PPDB.

Pendaftaran melalui jalur afirmasi KETM bisa secara kolektif oleh sekolah. Kemudian, kategori berkebutuhan khusus atau korban bencana dilakukan secara mandiri.

Pada tanggal 13 Juni – 15 Juni 2022, panitia PPDB Jabar di masing-masing sekolah, yakni SMA, SMK maupun SLB melakukan pemetaan jalur afirmasi kategori KETM. Kemudian, melakukan uji kompetensi atau tes minat dan bakat, khususnya calon peserta didik dari SMA dan SMK. Catatan, uji kompetensi bagi sekolah yang melaksanakan.

Dilanjutkan pada 16 Juni – 17 Juni 2022, cabang Disdik di daerah-daerah, kemudian kepala SMA, SMK dan SLB, menggelar rapat koordinasi untuk penyaluran hasil pemetaan jalur afirmasi kategori KETM. Setelah itu, sekolah juga menggelar rapat dewan guru terkait penetapan hasil PPDB Jabar tahap pertama. Pihak sekolah diwajibkan berkoordinasi dengan cabang Disdik di daerah.

Pada 20 Juni 2022, masuk tahapan pengumuman PPDB Jabar tahap pertama. Pelaksanaan daftar ulang PPDB Jabar tahap pertama berlangsung 21 Juni – 22 Juni 2022. (Sumber : Detik.com)