Kimia ITB Gelar Lomba Esai

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sebagai upaya sosialisasi industri kimia di Indonesia, Teknik Kimia ITB menggelar lomba esai nasional yang diselenggarakan dalam rangka memperingati 80 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Kimia di Indonesia.

Ketua Panitia 80 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Kimia di Indonesia, Tirto Prakoso Brodjonegoro, menjelaskan, lomba esai nasional ini sebagai wadah sosialisi industri kimia di Indonesia, yang saat ini produknya masih banyak belum diketahui oleh masyarakat.

“Semisal, soda ash atau umumnya dikenal sebagai soda abu merupakan suatu komponen dasar kimia yang kurang dikenal keberadaan dan fungsinya oleh masyarakat. Walaupun produk akhirnya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Tirto berharap, dengan adanya lomba esai ini dapat membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan industri kimia di Indonesia.

“Selain sebagai wadah sosialisasi akan industri soda ash dan manfaatnya, lomba esai ini diharapkan dapat menjadi pendorong pembangunan industri di dalam negeri,” ucap Tirto, saat konferensi pers virtual terkait lomba esai nasional yang diselenggarakan dalam rangka memperingati 80 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Kimia di Indonesia, Senin (21/6/2021).

Menurut Tirto, lomba esai ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia, baik mahasiswa, pelaku industri, pendidik, maupun masyarakat umum.

“Siapa pun dapat mengirimkan karya esainya melalui email 80tahunTK@ia-tk-itb.org,” ujarnya.

Lomba yang memperebutkan hadiah total Rp100 juta ini akan diampu oleh juri dari civitas akademi dan pelaku industri yaitu Muh. Khayam, Dirjen. Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil, Kementerian Perindustrian RI Johnny Darmawan, Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian, KADIN Indonesia Heru Dewanto, dan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Hari Supriyadi, dan guru besar Teknik Kimia ITB Dwiwahju Sasongko. (Parno)