Kilas Bandung, Senin (1/10/2018)

KilasBandung – Selain menjalankan tugas utamanya yaitu belajar, para mahasiswa juga diminta untuk memahami dan mengetahui pasar bebas yang sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Anggota Komisi 1 DPR RI, Arief Suditomo menuturkan, pasar bebas membuat produk dari luar negeri masuk ke pasar Indonesia sehingga produk lokal harus mampu bersaing. Dalam mekanisme pasar bebas, produsen yang bisa memberikan produk paling bagus, paling baik dan paling murah, yang akan diminati oleh konsumen.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengajak para orang tua untuk menyempatkan diri memeluk anaknya setiap hari selama 20 detik. Oded menuturkan, memeluk anak setiap hari dapat menunjukan kasih sayang dengan sentuhan langsung dari orang tua, sekaligus memberikan efek psikologis yang positif pada tumbuh kembangnya anak.

Kerugian yang diderita masyarakat akibat investasi bodong dalam kurun waktu satu dasawarsa sejak tahun 2007 tercatat lebih dari Rp105 trilyun. Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen  Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Jawa Barat, Riwin Mihardi menuturkan angka kerugian tersebut sangat besar karena hampir 10 persen dari nilai anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Setiap gerakan atau program yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Bandung diharapkan dapat mulai dilakukan oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bandung. Walikota Bandung Oded M. Danial mencontohkan, ketika Pemkot Bandung meluncurkan Gerakan Pungut Sampah, maka gerakan tersebut diawali dan dimotori oleh seluruh ASN mulai dari tingkat atas hingga ke aparat kewilayahan.

Pemerintah Kota Bandung akan terus mendorong potensi kampung wisata yang ada di kota Bandung. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, potensi wisata di setiap wilayah di Kota Bandung harus segera dimasukan dalam kalendar event sehingga memudahkan Disbudpar mempromosikan karena ada kepastian waktu dan agenda. Kenny berharap tahun 2019 kalender even itu sudah rampung disusun.***