Kilas Bandung PRSSNI, Jumat (27/12/2019)

KilasBandung – Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengakui tidak mudah mengatasi masalah kemacetan di Jawa Barat. Pasalnya setiap tahun jumlah kendaraan terus meningkat sedangkan panjang ruas jalan tidak bertambah.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengimbau masyarakat juga para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung agar selama masa libur natal dan tahun baru selalu mengikuti aturan. Dengan masyarakat berperilaku tertib dan taat aturan diharapkan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan misalnya kemacetan lalu lintas.

Teknologi Biocort untuk penjernih dan penghilang bau dari air sudah digunakan sejak 20 tahun lalu di Jepang. Konsultan Biocort Indonesia, Cahya Suzuki mengatakan teknologi biocort yang digunakan di bekas irigasi kali Citepus Pagarsih menggunakan mikroba alami untuk menjernihkan air dan menghilangkan bau.

Keberadaan tim ahli yang biasanya melekat dengan kepala daerah menjadi sorotan sejumlah pihak mulai dari masyarakat, anggota dewan hingga pengamat politik. Pengamat Politik FISIP Unjani Wawan Gunawan mengatakan jika kepala daerah memerlukan masukan yang sifatnya ilmiah atau akademis dapat meminta pertimbangan dari kampus yang tidak rutin membebani APBD.

Selain memberikan bantuan logistik, Pemkot Bandung siap membantu pengurusan surat-surat maupun dokumen penting milik warga terdampak kebakaran. Lurah Nyengseret Suparno mengatakan aparat kewilayahan sudah berkoordinasi dengan kepolisian juga instansi terkait untuk membantu warga yang ingin mengurus surat-surat penting tersebut.

Pemprov Jabar diharaokan memberikan perhatian kepada guru madrasah yang saat ini 90 persen di antaranya masih merupakan tenaga honorer. Ketua Umum PGMI Jabar Heri Purnama mengatakan saat ini pendapatan para guru madrasah masih jauh dari UMK.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.