Kilas Bandung, Jumat (2/8/2019)

KilasBandung – Pemkot Bandung melalui Disdukcapil kembali meluncurkan inovasinya yaitu Anjungan Kartu Identitas Anak (KIA). Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan nantinya anjungan tersebut akan ditempatkan di tempat-tempat umum yang mudah dijangkau masyarakat termasuk di 30 kantor kecamatan di Kota Bandung.

Dengan hadirnya anjungan Kartu Identitas Anak maka data anak berusia nol tahun hingga usia 17 tahun tercatat dalam database Disdukcapil. Kepala Disdukcapil Kota Bandung Popong Nuraeni mengatakan adanya identitas tersebut dapat mempermudah orangtua dalam mengurus berbagai keperluan yang berkaitan dengan dokumen administrasi kependudukan bagi buah hatinya.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan aplikasi perlindungan data digital. Ketua Tim Peneliti Perlindungan Data Digital Pusat Penelitian Informatika LIPI Didi Rosyiadi mengatakan aplikasi ini berguna untuk menelusuri penyalahgunaan materi grafis seperti gambar atau foto.

Rencana reaktivasi jalur kereta api di sejumlah jalur di wilayah Jawa Barat terus dilakukan pelaksanaannya. Kepala PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Saridal menyatakan untuk reaktivasi jalur Cibatu – Garut sudah dilakukan pembersihan jalur hasil dari pembongkaran bangunan termasuk pemasangan kembali rel kereta api.

Memasuki semester kedua tahun 2019 beberapa proyek di Kota Bandung masih dalam proses lelang tender sedangkan yang lainnya sudah memasuki tahap kontrak pelaksanaan. Kepala DPU Kota Bandung Didi Riswandi mengatakan yang sudah memasuki tahap kontrak pelaksanaan adalah proyek perbaikan jalan.

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat akan terus membantu media penyiaran khususnya radio siaran dalam menghadapi era digital saat ini. Ketua KPID Jawa Barat Dedeh Fardiah mengatakan selain peningkatan kualitas SDM, pihaknya memberikan pelatihan dan pemahaman mengenai pengurusan perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS).***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.