Kilas Bandung, Jumat (23/11/2018)

KilasBandung – Pemerintah Kota Bandung menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Bandung, terkait optimalisasi Peran Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dalam penanganan pengaduan masyarakat. Wali Kota Bandung Oded M. Danial berharap kerja sama ini akan menjalin sinergi antara Kejaksaan Negeri dan Pemkot Bandung juga meminimalkan terjadinya KKN di lingkungan Pemkot Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kota Bandung, masih banyak yang harus dibenahi terutama kualitas pelaksanaanya. Menurut Oded, untuk pelaksanaan tahun 2018, perlu ada evaluasi secara menyeluruh terkait pelaksanaan dan kesiapan mental dari aparat kewilayahan dan masyarakat.

Kota Bandung ditargetkan menjadi Kota Ramah Lansia di tahun 2022 mendatang. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung Dedi Sopandi mengatakan, saat ini jumlah warga lansia di kota Bandung sekitar 10 persen dari seluruh penduduk Kota kembang.

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pendidikan Kota Bandung akan terus mendorong kualitas dan kualifikasi guru di Kota Bandung, agar semakin meningkat. Menurut Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Bandung, Bambang Ariyanto, setidaknya para guru harus memiliki empat kompetensi dalam sebagai tenaga pendidik.

Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial mengajak seluruh umat muslim warga Kota Bandung, untuk meneladani sikap dan perilaku dari Rasulullah SAW. Oded menuturkan, umat Islam harus memaknai peringatan Maulid Nabi, dengan meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad, yang memiliki ahlak luhur kepada sesama manusia, maupun mahluk Tuhan lainnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Pusat, ia hanya menyampaikan pesan dari Menteri Dalam Negeri terkait pejabat Sekretaris Daerah atau Sekda Kota Bandung. Hingga kini, Pemerintah Kota Bandung belum menetapkan Sekda definitif, bahkan Wali Kota Oded M. Danial menentang usulan Gubernur Jawa Barat untuk segera melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung.

Pakar Komunikasi Haris Sumadiria mengatakan, sampai saat ini masih banyak media penyiaran di Jawa Barat yang lebih yang fokus terhadap program musik, daripada program informasi. Haris yang juga menjadi Dewan Juri KPID Jabar Award ke-11 menyatakan, dengan kehadiran berbagai media saat ini, justru masyarakat semakin membutuhkan informasi.***