KAI Commuter Memberlakukan GAPEKA 2023, Waktu Tempuh Perjalanan Lebih Singkat

KILASBANDUNGNEWS.COM – KAI Commuter Wilayah 2 Bandung terus meningkatkan pelayanan untuk para pengguna perjalanan KA Lokal di wilayah 2 Bandung dan sekitarnya. Peningkatan ini akan dijalankan pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada 01 Juni 2023.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Pada pelaksanaan Gapeka 2023 ini, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan 58 Perjalanan Commuterline lokal perhari sama seperti sebelumnya. Adapun Perjalanannya antara lain :
1. Commuterline Bandung Raya *Relasi Padalarang (Pdl) – Cicalengka (Ccl) 40 Perjalanan/Hari PP*
2. Commuterline Garut Relasi *Cibatu (Cb) – Padalarang (Pdl) 2 Perjalanan/Hari PP*
3. Commuterline Walahar *Relasi Cikarang (Ckr) – Purwakarta (Pwk) 10 Perjalanan/Hari PP*
4. Commuterline Jatiluhur *Relasi Cikarang (Ckr) – Cikampek (Ckp) 2 Perjalanan/Hari PP*
5. Commuterline Garut *Relasi Garut (Grt) – Purwakarta (Pwk) 4 Perjalanan/Hari PP*

Sebelum gapeka 2023 Jadwal Perjalanan terakhir Commuterline Bandung raya dari Cicalengka – Padalarang pukul 23:05 dan Padalarang – Kiaracondong 00.20 menjadi Cicalengka – Kiaracondong pukul 23.20 dan Padalarang – Kiaracondong 23.40.

Penyesuaian peningkatan pelayanan pada Gapeka tahun ini adalah dengan memperkecil “headaway”. “Headway’ rata-rata untuk perjalanan kereta-kereta di Wilayah 2 Bandung dan sekitarnya yakni pada rute Cikarang-Purwakarta jarak tempuh lebih singkat menjadi 31 menit, Purwakarta-Padalarang menjadi 50 menit, Padalarang-Cicalengka menjadi 2 menit, Cicalengka-Cibatu menjadi 90 menit dan Cibatu-Garut menjadi 50 menit.

Sementara itu terdapat Stasiun yang akan dioperasikan yakni Stasiun Gedebage untuk melayani pengguna yang akan naik dan turun Commuterline Bandung Raya dan Commuter Garut Cibatuan.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, untuk mempermudah perjalanan Commuter Line Lokal Wilayah 2 Bandung pengguna dapat menggunakan Aplikasi KAI Access untuk reservasi dan pembelian tiket perjalanan sehingga pengguna akan lebih “safe” dengan jadwal perjalanan menggunakan kereta api.

“KAI Commuter akan terus memberikan pelayanan dan “improvement” kepada seluruh pengguna agar dengan pemberlakuan Gapeka baru ini menjadi semakin mendorong masyarakat menggunakan moda transportasi publik khususnya kereta api dalam bermobilisasi,” tuturnya. (Parno)