Dampak Pembangunan Jalan, Tanjakan Emen Banjir Lumpur

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pembangunan jalan lingkar di wilayah Tanjakan Emen, Cicenang, Ciater, Kabupaten Subang mengakibatkan banjir lumpur ke jalur jalan utama, Senin (2/12/2019) sore. Kondisi tersebut sempat ramai di media sosial setelah beberapa nitizen mengunggah video usai hujan besar di daerah tersebut.

Penggiat lingkungan, Iis Rochati sudah memperkirakan bakal kejadian seperti ini. Pasalnya, ia menilai dalam pelaksanaan pengikisan bukit tidak memperhatikan dampaknya bila hujan turun.

“Yang berwenang harus mengkaji lagi karena dalam pelaksanaanya tidak sesuai perjanjian atau paparan sebelumnya,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Kapolres Subang, AKBP Teddy Fanani langsung memerintahkan Kapolsek Jalancagak untuk melakukan koordinasi dengan Unit Damkar dan BPBD.

“Kondisinya tidak seperti yang dibayangkan kalau lumpurnya cukup menghalangi jalan. Tetapi bila dibiarkan memang pengguna motor dikhawatirkan terjatuh,” kata Kapolsek Jalancagak, AKP Sumaryana, seperti dilansir Galamedianews, Senin (2/12/2019).

Dibantu dengan jajaran Satlantas, akhirnya lumpur tanah merah yang terbawa air hujan pun dibersihan dengan kendaraan pemadam kebakaran.***