Atasi Kemacetan, Dishub Terapkan Rekayasa Lalin dan Ganjil-Genap

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi. (Foto: Istimewa)

Bandung – Dinas Perhubungan Kota Bandung segera memberlakukan sejumlah program sebagai solusi kemacetan lalu lintas di Kota Bandung.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi menjelaskan, pihaknya tengah merancang sejumlah program untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Salah satunya, rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan.

“Rencananya akan ada rekayasa lalu lintas di jalan Natuna dan jalan Abdurahman Saleh yang dekat rel (kereta api). Di situ banyak sendatan, dan akan kita urai. Kita akan ujicobakan di jalan Natuna dengan alur satu arah. Jadi pengendara hanya bisa melintas dari jalan Sunda ke Natuna, tidak untuk sebaliknya,” ucap Didi.

Begitu juga dengan Jalan Abdul Rahman Saleh akan direkayasa dan tata ulang taman yang ada di “traffic light” untuk memperlancar lalu lintas sekitar.

“Jalan Abdul Rahman Saleh juga akan ada uji coba rekayasa. Menurut pak wakil (Yana Mulyana) harus ada penataan ulang untuk menghindari pelanggaran yang mengakibatkan kemacetan,” imbuhnya.

Sedangkan untuk aturan Ganjil-Genap, kata Didi, rencananya akan dilakukan uji coba dari jalan Supratman menuju Asia-Afrika dan berujung di jalan Oto Iskandar Dinata.

“Selain rekayasa akan dilakukan juga aturan Ganji-Genap. Tetapi kita uji coba dulu. Kita kaji dan sosialisasi dulu. Kita belum memberikan sanksi atau tilang,” jelasnya.***