Tabung Gas Meledak, 14 Orang Terluka

Kondisi atap rumah kontrakan di RT 02 RW 06 Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, yang rusak akibat meledaknya tabung gas ukuran 3 kg, Rabu (25/4/2018) dini hari.

Bandung – Sebanyak 14 orang mengalami luka bakar akibat meledaknya sebuah tabung gas ukuran 3 kg. Kapolsek Kiaracondong Kompol Edwin Devianto membenarkan peristiwa yang terjadi di wilayah RT 02 RW 06 Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Rabu (25/4/2018) dini hari tersebut.

“Betul tadi di kontrakan Pa Asun, terjadi ledakan gas 3 kg yang mengalami kebocoran, kemudian menyebabkan korban luka bakar sebanyak 14 orang. 9 orang dibawa ke RS Al-Islam dan 4 orang ke RS Pindad,” ujarnya.

Menurut keterangan para saksi, sebelum terjadi ledakan penghuni rumah sudah mencium bau gas. Sang pemilik pun langsung membawa gas tersebut ke atap rumah namun tiba-tiba ada seorang yang menyalakan pemantik api sehingga gas meledak seketika.

“Sudah dibawa ke atas rumah dan dimasukan ke ember, menurut pemilik rumah aman. Tapi ada yang menyalakan korek dan kemudian terjadilah ledakan. Ditambah lagi rumah itu minim ventilasi,” tutur Kompol Edwin.

Menurut Edwin, pasca ledakan itu tidak ada sambaran api, hanya saja beberapa bagian rumah mengalami kerusakan. Pihak kepolisian menduga kebocoran gas berasal dari karet yang tidak terpasang dengan benar.

“Jadi tabung gas itu punya seorang pedagang yang ngontrak, habis jualan ditaruh di rumah, kemungkinan bocor dari karet gasnya,” jelasnya.***

Agustin Purnawan/ LPS PRSSNI Bandung