Rumah Zakat Bantu Korban Gempa NTB

Bandung – Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa, Minggu (29/7) kemarin menyebabkan setidaknya 16 orang tewas dan 162 orang lainnya luka-luka termasuk ribuan unit rumah rusak dengan dampak terparah terdapat di Kabupaten Lombok Timur.

Untuk membantu korban gempa tersebut, Rumah Zakat (RZ) telah menurunkan 3 orang relawan dalam mendukung pengiriman bantuan tahap awal sekaligus melakukan assesment dampak dan kebutuhan serta mendistribusikan bantuan sembako serta kornet dan rendang Superqurban.

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi mengatakan, Senin (30/7) ini relawan Rumah Zakat dari Sumbawa pun sedang menuju lokasi bencana untuk membantu proses evakuasi. Sedangkan bantuan berupa 3.000 kaleng kornet dan rendang Superqurban sudah tiba di Ambon pada hari Minggu (29/7) kemarin.

“Bantuan kita salurkan kepada warga Suku Amuse Ane di Gunung Morkelle, Maluku Tengah yang mengalami kekurangan pangan dan pemberangkatan Superqurban tersebut dilakukan sejak Kamis (26/7) yang dibawa oleh para relawan Rumah Zakat,” ucap Nur kepada wartawan di Kantor Rumah Zakat Jl. Turangga, Kota Bandung, Senin (30/7/2018).

Nur menerangkan, perjalanan relawan menuju lokasi Suku Mausu Ane tidak mudah, namun hari ini diharapkan Superqurban akan diterima oleh warga di Maluku Tengah dan dapat menjadi asupan gizi bagi masyarakat yang terkena krisis bahan pangan.

“Semoga para korban gempa maupun masyarakat yang kekurangan, secepatnya dapat menerima bantuan dari kita,” ujarnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung