PT KAI Lakukan Cek Angkutan Nataru 2019

KILASBANDUNGNEWS.COM – Menjelang masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/ 2020, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa, terhitung 10 hingga 12 Desember 2019., dengan pengecekan dilakukan mulai dari kesiapan jalur, stasiun, pelayanan, hingga SDM.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, kegiatan inspeksi ini untuk memastikan lagi kesiapan KAI menjelang peak season pada momen Natal dan Tahun Baru, selama 18 hari mulai 19 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari 2020.

“Pengecekan dilakukan mulai dari kesiapan jalur, stasiun, pelayanan, hingga SDM. Saya meminta kepada seluruh pegawai KAI agar memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, khususnya selama momen Nataru ini,” ucapnya.

Menurut Edi, pada periode itu, KAI memprediksi akan ada kenaikan volume penumpang kereta api menjadi 5,9 juta penumpang atau naik 4 persen dibanding tahun 2018 yaitu sebanyak 5,6 juta penumpang.

“Guna mengakomodasi lonjakan penumpang tersebut, KAI akan menjalankan 374 KA Reguler dan 30 KA Nataru atau total 404 Perjalanan KA, naik 2% dibandingkan 2018 sebanyak 394 KA,” kata Eddy, kepada wartawan di Stasiun Bandung, Selasa (10/12).

Perjalanan inspeksi tersebut dibagi menjadi dua perjalanan, lintas utara dan selatan Pulau Jawa.  Inspeksi lintas utara Jawa dimulai dari Stasiun Gambir menuju Cirebon, Semarang Tawang, Surabaya Gubeng, Jember, hingga Ketapang, Banyuwangi. Sedangkan untuk yang jalur selatan perjalanan dimulai dari Stasiun Bandung menuju Kroya, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Malang, hingga Surabaya Gubeng. (Parno)