PSTNT Batan Gelar Pameran Hasil Litbang

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menggelar Pameran Hasil Litbang Batan mulai Rabu (30/10) hingga Jumat (01/11) di Jl. Taman Sari Bandung.

Kepala PSTNT, Jupiter Sitorus Pane mengatakan, gelaran pameran yang dibuka untuk umum in diharapkan masyarakat Kota Bandung dan Jawa Barat serta masyarakat umum lainnya semakin merasa memiliki teknologi nuklir dan mendukung  perkembangannya di kemudian hari.

“Masyarakat yang berkunjung di pameran, bisa melihat hasil penelitian Batan periode 2015-2019 di ruang pameran serta dapat mengunjungi beberapa fasilitas penelitian yang dimiliki PSTNT – Batan,” kata Jupiter, dalam pembukaan Pameran Hasil Litbang Batan, di PSTNT Bandung  Rabu (30/10/2019).

Jupiter menjelaskan, pameran ini dijadikan sebagai ajang pertanggungjawaban PSTNT – Batan kepada masyarakat dan evaluasi terhadap perkembangan teknologi nuklir yang sudah dicapai dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

“Evaluasi ini digunakan untuk melihat ada atau tidaknya kemajuan yang signifikan bagi bangsa ditinjau dari sisi produk isotop, jasa iradiasi dan analisis, rekayasa keteknikan, penelitian dan pengembangan (R&D) dan SDM,” ucapnya.

Pada pameran ini, berbagai hasil litbang dan layanan PSTNT-Batan ditampilkan beberapa produk isotop yang dihasilkan reaktor TRIGA 2000, serta analisis yang memanfaatkan teknologi nuklir untuk keperluan penelitian yang selama ini dilakukan di laboratorium PSTNT-Batan.

Di bidang rekayasa keteknikan, dipamerkan berbagai produk komponen dan sistem yang sudah dihasilkan oleh tenaga ahli Batan, antara lain batang kendali reaktor dan komponen-komponen lain, produk rekayasa keteknikan yang paling komprehensif seperti hasil desain dasar konversi reaktor.

Di bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) ditampilkan perkembangan jumlah KTI yang terdiri dari jurnal, prosiding, buku, paten dari tahun ke tahun sejak tahun 2015-2019 dan dari dar sisi SDM ditampilkan keterlibatan SDM dalam kancah ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir baik secara nasional maupun internasional.

Pesan penting yang ingin disampaikan pada pameran, adalah PSTNT-Batan menjamin keselamatan operasi reaktor, pekerja reaktor maupun masyarakat, yang dibuktikan bahwa pada awal Oktober ini PSTNT-Batan menerima inspeksi keselamatan reaktor dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir untuk membuktikan bahwa reaktor telah dioperasikan sesuai dengan persyaratan keselamatan. (Parno)