Pangdam III/Siliwangi Telusuri Sungai Citarum

Bandung – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, dengan menggunakan perahu Katamaran melakukan peninjauan langsung Sungai Citarum di Sektor 6 Posko Satgas Citarum Harum di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/9/2018).

Menurut Harto, progres kegiatan Citarum sudah berlangsung selama 6 bulan oleh prajurit-prajurit Maung Siliwangi bersama dengan masyarakat bahu membahu melaksanakan revitalisasi kembalinya sungai Citarum.

“Kita lihat perubahan dinamika kehidupan di sepanjang Sungai Citarum sudah mengalami perubahan, kalau kita lihat di latar belakang ini masyarakat sudah mulai banyak beraktivitas di antaranya memancing, mencari ikan dan mindset apa yang kita tanamkan Sungai sebagai serambi depan rumah kita ini sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Menurut Harto, kesadaran masyarakat sekitar bantaran sungai sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari sekitar 500 unit rumah yang berada di bantaran sungai mereka bongkar dengan kesadaran tanpa ada paksaan. Saat ini sepanjang bantaran menjadi terbuka dan digunakan sebagai tempat bermain, tempat olah raga dan sarana hiburan masyarakat.

“Setelah dibongkar, kita lihat dinding sepanjang ini sedang kita percantik menjadi lukisan mural yang indah nantinya ikut mendampingi dari keindahan sepanjang sungai Citarum,” ucapnya.

Harto berharap, sesuai Keppres 15 tentang Citarum yang berlaku 7 tahun, dalam 2 tahun ke depan sungai Citarum lebih baik. Karenanya Pangdam mengajak masyarakat kompak, semangat dan kesadaran para pelaku industri untuk bisa mengendalikan limbahnya.

“Berbagai upaya terus dilakukan agar sungai Citarum lebih baik, salah satunya secara paksa kita lakukan pengecoran saluran-saluran pembuangan limbah pabrik jika terbukti mereka membuang limbah tanpa melalui proses IPAL dengan baik,” tegasnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung