Kota Bandung Lanjutkan Program Sister City dengan Seoul dan Suwon

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial (kanan) dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom di Ruang Kenegaraan Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Kamis (27/9/2018). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berkomitmen melanjutkan kerja sama antara Kota Bandung dengan Kota Seoul dan Suwon Korea Selatan. Ia menyampaikan langsung kepada Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom di Ruang Kenegaraan Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Kamis (27/9/2018).

Pertemuan tersebut merupakan yang pertama sejak Oded dilantik menjadi Wali Kota Bandung. Keduanya bersepakat untuk melanjutkan kerja sama sister city yang sudah terjalin dengan Kota Seoul dan Kota Suwon.

“Tentu akan kita lanjutkan, karena ini adalah kerja sama yang baik,” tutur Oded.

Menurutnya, kerja sama sister city juga menjadi bagian dari konsep kolaborasi yang ia usung. Kolaborasi tersebut tidak sebatas di dalam negeri saja tetapi juga dengan luar negeri.

“Kolaborasi itu bisa dalam bentuk apapun. Apalagi kalau dengan Seoul dan Suwon itu sudah sister city,” ucapnya.

Meski singkat, Duta Besar Kim menilaiĀ  pertemuan tersebut sangat berarti. Pertemuan ini makin mempererat kerja sama antara Korea dan Bandung. Terlebih lagi, sebelumnya mantan Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil dan Wali Kota Seoul sudah pernah bertemu.

“Kami juga sampaikan salam dari Wali Kota Seoul yang baru saja terpilih kembali untuk empat tahun ke depan,” tutur Kim.***