Kilas Bandung PRSSNI, Senin (16/12/2019)

KilasBandung – Ketersediaan pangan dan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang perayaan natal dan malam pergantian tahun dalam kondisi stabil dan aman. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan meski ada kenaikan di harga telur ayam dan beberapa komoditas sayuran, hal itu masih dalam batas ambang kewajaran sehingga Pemkot Bandung tidak perlu menggelar Operasi Pasar.

Kadispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengaku bersyukur tidak terjadi kenaikan harga-harga kebutuhan pokok masyarakat. Apalagi saat ini kenaikan harga bahan pokok saat ini relatif sulit diprediksi karena berkaitan dengan banyak hal.

Menanggapi viralnya video kericuhan saat pengamanan lahan pembangunan rumah deret di RW 11 Kelurahan Tamansari Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan peristiwa terjadi karena adanya provokasi dari sekelompok orang yang bukan warga terdampak. Meski menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut, Oded menyatakan tidak memberikan toleransi kepada mereka yang berbuat anarkis.

Kepala DPKP3 Kota Bandung Dadang Dharmawan menyatakan sudah menyiapkan fasilitas bagi warga terdampak, untuk pindah dari lahan RW 11 Tamansari. Namun dari mediasi yang dilakukan para warga terdampak menyatakan belum bisa pindah dan meminta mendapatkan kontrakan di sekitar tempat tinggal mereka sebelumnya.

Pemulihan sungai Citarum melalui Program Citarum Harum yang sudah melibatkan berbagai elemen masyarakat kali ini juga mendapat dukungan partai politik. Koordinator Kegiatan Ono Surono mengatakan pihaknya akan melakukan penanaman pohon di hulu sungai dan di 10 kabupaten kota yang dilintasi sungat Citarum serta menggagas kawasan hutan dengan nama Leuweung Pajajaran.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku sangat terkesan dengan kolaborasi masyarakat kecamatan Coblong dalam gerakan Bancakan Sararea (Bancarea) untuk menyelesaikan berbagai persoalan di kewilayahan.  Yana menilai kolaborasi yang dibangun masyarakat Kecamatan Coblong sudah cukup solid sehingga pola serupa bisa menjadi percontohan untuk diterapkan di kecamatan lainnya di Kota Bandung.

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.