Kebakaran Lahan di Kawasan Wisata Kawah Putih Ciwidey Capai 15 Hektare

KILASBANDUNGNEWS.COM – Luas lahan yang terbakar di kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey, Kabupaten Bandung, mencapai 15 hektar. Hal itu dicatat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat.

Kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu tersebut mengakibatkan beberapa hektar lahan tanaman dan pohon hangus terbakar. Tanaman tersebut misalnya tanaman cantigi dan pakis alang-alang. Hal ini berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jawa Barat.

“Dampak dari kebakaran di Kawah Putih Ciwidey, lahan terbakar sekitar 15 Ha,” kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu lewat keterangan tertulisnya, Selasa (8/10/2019).

Menurut Budi, kebakaran di kawasan Kawah Putih terjadi pada Senin, 7 Oktober 2019, pada pukul 14.00 WIB. BPBD Provinsi Jawa Barat telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk melakukan assessment ke lokasi kejadian.

Kemudian, BPBD Jawa Barat juga telah melakukan pendampingan ke lokasi kejadian kebakaran lahan di Kawah Putih. Membuat parit dan penyiraman adalah penanganan awal yang dilakukan oleh unit pemadam dari Dinas Kebakaran supaya api tidak meluas.

Selain itu, telah dilaksanakan rapat koordinasi bersama Kapolres Bandung, Dandim 0609, BPBD Kab Bandung, BPBD Prov Jabar, Perhutani, Damkar, pengelola wisata Kawah Putih dan masyarakat sekitar serta relawan pegiat kebencanaan.

“Penanganan selanjutnya akan dilaksanakan pagi ini (8/10/2019). Sampai dengan pukul 03.00 WIB, api masih menyala,” ujar Budi.***