Kalahkan Persebaya 3-4, Persib Raih Juara Paruh Musim

Bandung – Persib Bandung memastikan diri memuncaki klasemen akhir putaran pertama Liga 1 2018 usai mengalahkan Persebaya 4-3 pada laga di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis (26/7/2018).

Empat gol Persib ke gawang Persebaya disarangkan lewat brace Supardi Nasir Bujang di menit ke-4 dan 21, dua gol lainnya juga brace dari Ghozali Muharam Siregar di menit ke-53 dan 81. Sedangkan tiga gol Persebaya disumbangkan Riky Kayame, Fandi Eko Utomo dan David Da Silva.

Berkat kemenangan tersebut, Persib menggusur Barito Putera dari puncak klasemen dengan mengumpulkan nilai 29. Dari 17 laga yang sudah dimainkan di sepanjang paruh musim pertama, Persib unggul satu poin dari Barito Putera dan PSM Makassar.

Usai meraih kemenangan atas Persebaya, pelatih Persib, Mario Gomez langsung memuji perjuangan seluruh pemainnya. Ia sangat bersyukur PERSIB mampu mengamankan tiga poin pada laga yang diwarnai hujan gol tersebut. Sebab, dengan hasil itu, Maung Bandung bertengger di puncak klasemen sementara.

“Saya merasa sangat bangga dengan semua pemain. Mereka berjuang begitu keras selama pertandingan. Saya rasa pertandingan yang sangat ketat dan seru,” kata Gomez dalam jumpa pers usai laga.

Meski demikian, Gomez tak ingin Persib lantas jemawa. Ia ingin terus memompa semangat anak asuhnya serta meningkatkan performa sampai akhir musim nanti.

“Ini hasil yang bagus. Tapi tentu kita tidak akan berhenti sampai di sini saja. Putaran kedua harus lebih meningkatkan lagi performa. Tak hanya juara paruh musim, tapi kita harus bisa menjadi juara liga,” ucap Gomez dilansir laman resmi tim.

Sementara itu pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera menyatakan kemenangan Persib diraih karena tim tamu tampil lebih baik dibandingkan timnya.

“Kami tidak bermain baik. Babak pertama Persib bermain lebih efektif. Kami sudah mengetahui mereka akan bermain seperti itu. Namun tiga gol adalah kesalahan kami bermain dan mereka memanfaatkannya,” kata pelatih asal Argentina tersebut usai laga.

Dia mencoba merespon strategi pelatih Mario Gomez pada babak kedua. Usahanya langsung berhasil. Masuknya Robertino Pugliara memberikan dua assist untuk Persebaya. Namun satu gol tambahan tak membuat tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan.

“Saya memasukan Robertino karena mungkin dia akan lebih bugar dan bagus karena membaca permainan. Tapi, saya tidak membayangkan kami bisa tertinggal gol di awal,” tutupnya. ***