Bandung – Pelaksanaan UNBK SMA/MA berlangsung serentak mulai Senin sampai Kamis, 9-12 April 2018. Materi yang  diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan. Sebelumnya pelaksanaan UNBK SMK dilaksanakan dari tanggal 2 sampai 5 April 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan secara umum pelaksanaan UNBK SMK sudah berjalan sukses walaupun ada kendala seperti mati listrik.

“Alhamdulilah sukses tidak ada laporan kebocoran dan sudah selesai dilaksanakan,” ujarnya Senin (9/4/2018).

Ahmad menambahkan tahun 2018 SMA/SMK di Jabar 100 persen sudah siap menyelenggarakan UNBK, kecuali SMLB yang harus memakai braile.

“Tahun ini kami sudah simulasi, gladi bersih. Dari simulasi, persiapan bisa 100 persen UNBK dan listrik yang sering putus juga sudah kami kordinasikan dengan PLN agar ada jaminan untuk tidak ada kematian listrik. Kemudian untuk provider internet juga Insya Allah sekarang ini ada kemajuan sehingga kami targetkan 100%,” tambahnya.

Sejak diselenggarakan pertama kali tahun 2017, UNBK tambahnya dirasakan mempunyai kelebihan dibandingkan UN secara manual.

“UNBK lebih simpel, berintegritas serta lebih mudah dan terjamin sehingga tidak akan ada kebocoran, soal  juga banyak variasi, cuma kendalanya daya dukung komputer, listrik, dan jaringan internet,” ungkapnya.

Lebih lanjut seperti dikutip dari prfmnews.com, Ahmad Hadadi menyebutkan Paket C pun sama akan melaksanakan ujian dengan standar komputer.

“Paket C sudah 100 persen (akan melaksanakan UNBK) pada tanggal 27 sampai 30 April 2018,” tambahnya.

Sementara itu, pihaknya belum menemukan bukti atas isu kebocoran soal USBN tingkat SMA yang sebelumnya sempat berhembus.

“Kami sudah turunkan tim untuk melakukan pendalaman. Dari hasil penelusuran di lima sekolah yang diisukan ada kebocoran soal, tidak ditemukan. Namun Polrestabes Bandung sudah bergerak dan melakukan pendalaman dan pemeriksaan. Sampai sekarang belum bisa disimpulkan karena belum menemukan bukti adanya soal dan jawaban yang bocor,” pungkasnya.***