Bandung – Sebanyak 1.530 sekolah di Jawa Barat menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMA, Madrasah Aliyah (MA) dan Paket C, yang berlangsung mulai Senin (9/4/2018) sampai Kamis (12/4/2018) mendatang. Adapun materi UNBK hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan terakhir adalah mata pelajaran pilihan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi, untuk tahun ini peserta UNBK tingkat SMA yang tercatat ada 213.078 siswa, untuk MA berjumlah  67.339 peserta dan untuk Paket C 43.081 peserta.

“Berdasarkan pantauan hari pertama pada pelaksanaan UNBK, terlihat berjalan lancar,” kata Ahmad, usai melakukan pemantauan pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 5 Bandung, Senin (9/4/2018).

Menurut Ahmad, untuk kelancaran pelaksanaan UNBK Dinas Pendidikan Jabar telah melakukan berbagai persiapan mulai dari penyiapan komputer serta server yang memadai sehingga ujian berbasis komputer bisa seluruhnya.

“Kita telah menyiapkan sekitar 260.956 unit komputer dengan didukung 8.816 server, kita juga telah membantu penyediaan komputer ke sejumlah SMK dan SMA ini,” ucapnya.

Ahmad menyatakan, pihaknya telah menambah perangkat komputer agar pelaksanaan ujian 100 persen berbasis komputer bisa terpenuhi namun untuk pelaksanaan UNBK ini tetap harus dilakukan secara bergilir dengan tiga sesi.

“Tahun ini pelaksanaan UNBK dilakukan 3 sesi, namun kita harapkan untuk pelaksanaan UNBK tahun depan kita laksanakan 2 sesi,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung