Creative Craft Market Segera Digelar

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Eric M. Attaurik.

Bandung – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung akan menggelar Little Bandung Creative Craft Market di Bandung Electronic Center, 10-13 Mei mendatang. Acara ini akan menjadi ajang promosi produk bagi seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandung.

Ajang ini hanya akan memamerkan produk bermutu dan telah lolos kurasi tim Little Bandung. Kriteria tersebut diantaranya, desain material dan keterjangkauan produk. Selain itu, produk itu harus bisa merepresentasikan khas Bandung.

“Sehingga nantinya bisa menjadi produk ikon Kota Bandung. Produk-produk hasil kurasi juga akan mendapatkan lebih banyak manfaat. Salah satunya adalah pendampingan,” jelas Kepala Disdagin Kota Bandung Eric M. Attaurik dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Kamis (3/5/2018).

Saat ini, telah ada 150 produk yang telah masuk ke dalam katalog Little Bandung. Sementara itu, masih ada 6.000 produk yang masih dalam tahap pembinaan. Disdagin memberikan pendampingan menyeluruh, mulai dari desain kemasan, sertifikasi halal, hingga pembuatan hak cipta.

“Produk harus melalui proses peningkatan produk agar lolos kurasi, baru bisa masuk ke katalog. Jika yang baru-baru, kita ikutsertakan pada kompetisi nasional, seperti kemarin di Inacraft di Jakarta,” imbuh Eric melalui rilis yang diterima prssnibandung.com.

Eric menambahkan, Little Bandung sedang berusaha untuk menambah jumlah gerai di luar negeri. Saat ini, telah ada di Malaysia, Sydney, dan Korea Selatan. Pihaknya sedang finalisasi untuk membuka gerai di Amerika Latin.

Produk-produk Kota Bandung dipasarkan dalam berbagai metode. Strategi yang paling umum adalah Little Bandung Store dengan membuka toko khusus Little Bandung. Ada pula Little Bandung Wall yang memajang produk di salah satu dinding restoran lokal di luar negeri.

“Ada juga Little Bandung Mobile. Kalau itu bentuknya pameran, 3-5 hari. Ada juga yang sampai 30 hari,” ucapnya.

Little Bandung merupakan gebrakan Pemerintah Kota Bandung dalam memasarkan produk-produk Kota Bandung ke mancanegara. Melalui berbagai strategi, kini Little Bandung terus menjaring kembali karya-karya terbaik warga Kota Bandung.***