AAF 2019 Digelar, Sejumlah Ruas Jalan Pusat Kota Bandung Ditutup

Bandung – Akhir pekan ini, Kota Bandung bakal menggelar Asia Afrika Festival (AAF 2019). Khususnya pada Sabtu (29/6/2019), ribuan orang bakal memenuhi sejumlah titik di kawasan pusat Kota Bandung.

Beberapa lokasi dan ruas jalan yang akan digunakan untuk acara Asia Afrika Festival 2019 seperti Jalan Asia Afrika, Tamblong, Braga, Alun-alun Timur dan Jalan Cikapundung Barat.

Pada Sabtu (29/6/2019), festival diawali dengan historical walk dari Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, menuju Palestine Walk tepat berada di depan Alun-alun Bandung. Di lokasi tersebut, para peserta akan melepas burung merpati sebagai simbol perjuangan rakyat Palestina. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00-10.00 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 10.00-12.00 WIB, digelar parade dari kota/kabupaten dan negara sabahat. Parade akan berlangsung di sepanjang Jalan Asia-Afrika. Selama parade, Jalan Asia-Afrika ditutup sementara.

Nantinya, ruas jalan yang perlu warga Bandung hindari diantaranya, Jalan Dalem Kaum dan Jalan Asia Afrika. Untuk Jalan Alun-alun Timur akan digunakan acara pelepasan burung merpati tepat di Palestina Walk pagi hari pukul 08.00-10.00 WIB. Selanjutnya, situasi lalu lintas akan kondisional atau menyesuaikan kondisi lalu lintas nantinya.

Sementara itu, untuk kegiatan parade penampilan negara delegasi serta kabupaten kota yang ikut serta memeriahkan, terletak di Jalan Asia Afrika pada pukul 10.00-12.00 WIB. Jalan tersebut selama perhelatan parade akan ditutup sementara.

Setelah parade, festival  bakal dimeriahkan oleh hiburan musik. Panggung pentas musik terletak di pinggir Gedung Merdeka Jalan Braga. Acara ini berlangsung hingga malam hari.

Oleh karenanya, Pemkot Bandung dan Polrestabes Bandung menghimbau warga untuk mencari jalur alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Penutupan arus atau pengalihan arus pada acara tersebut hampir sama seperti kegiatan Car Free Night Asia Afrika. Sehingga warga Bandung sudah mengetahui untuk jalur alternatif agar tidak terkena macet.

Warga juga dihimbau untuk memilih transportasi umum jika ingin hadir di Asia-Afrika Festival. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa memarkirkannya di basemen Alun-alun Bandung dan kawasan lainnya yang sudah disediakan tempat parkir.***