Ziarah ke Makam Pahlawan Awali Rangkaian Peringatan BLA

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengawali rangkaian peringatan Bandung Lautan Api dengan berziarah ke makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Jumat (22/3/2019).

Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengawali rangkaian peringatan Bandung Lautan Api dengan berziarah ke makam para pahlawan, Jumat (22/3/2019). Ziarah bertujuan untuk mendoakan arwah pahlawan dan mengenang jasa mereka untuk kemerdekaan bangsa.

Sejak pukul 7 pagi, Oded didampingi istri telah tiba di Taman Makam Pahlawan Cikutra. Dengan berpakaian jas lengkap, turut hadir Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana beserta istri, dan para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Ziarah diawali dengan upacara penghormatan. Oded bertindak selaku Pimpinan Ziarah. Oded memimpin mengheningkan cipta selama 60 detik untuk merenungkan dan merefleksikan jasa para pahlawan yang gugur.

Upacara dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga. Oded menaburkan bunga di pusara Laksamana Muda Udara Nurtanio Pringgoadisurjo. Ia adalah perintis industri penerbangan Indonesia.

Sementara itu, Yana menaburkan bunga di atas makam Sertu Darmo, prajurit yang gugur pada tanggal 24 Maret 1966.

Rangkaian diakhiri dengan foto bersama para pimpinan daerah.

Seperti dilansir Humas Pemkot Bandung, pada peringatan peristiwa Bandung Lautan Api tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengangkat tema Bumi Hanguskan Hoaks sebagai bentuk perlawanan terhadap berita-berita palsu yang berpotensi memecah belah bangsa.

Selain ziarah, Pemkot Bandung juga menggelar sejumlah kegiatan. Di antaranya pawai obor pada Sabtu, 23 Maret malam. Rute konvoi yaitu Tegallega-Balai Kota Bandung dan upacara bendera pada Minggu, 24 Maret pagi di Plaza Balai Kota Bandung.***