Tingkatkan Pajak Secara Maksimal

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan dalam acara Penandatanganan Dokumen Kerjasama Optimalisasi Pendapatan Daerah dan Penertiban Barang Milik Daerah se-Jabar, di Gedung Sate, Senin (29/4/2019).

Bandung – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan menyatakan, dikumpulkan semua para kepala daerah mulai dari tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten bersama dengan pihak pertanahan dan pajak untuk mengoptimalkan bagaimana upaya pendapaan daerah itu bisa di tingkatkan.

“Tujuan kita menhumpulkan adalah untuk mengoptimalkan bagaimana upaya pendapaan daerah itu bisa di tingkatkan dan semua pajak-pajak ini bisa di awasi sehingga semua langsung masuk ke bank daerah dalam hal ini Bank Jabar,” kata Basaria, diacara Penandatanganan Dokumen Kerjasama Optimalisasi Pendapatan Daerah dan Penertiban Barang Milik Daerah se-Jabar, di Gedung Sate, Senin (29/4/2019).

Menurut Basaria, salah satu cara yang kita lakukan adalah bagaimana setiap pendapatan, semisal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang ada di hotel dan restoran yang pajaknya berpakir semua bisa dilakukan dengan satu alat secara  online sehingga pembayarannya langsung ke bank daerah yang kemudian di awasi oleh para Pemda.

“Upaya ini untuk meningkatkan supaya tidak ada kehilangan-kehilangan dan semua pendapatan daerah langsung di awasi oleh kepala daerah melalui sistem bahkan di dalam handphonenya, bisa diawasi langsung. Setiap saat berapa real time yang perkembangan-perkembangan yang ada ini yang kita coba hari ini,” ucapnya.

Basaria menyatakan, pelaksanan pajak ini untuk tingkat Jawa Barat sebetulnya sudah cukup baik, tetapi langkah ini dilakukan salah satunya untuk mengoptimalkan pendapatan ini supaya lebih baik dan mendapatkan hasil yang maksimal pula.

“Bukan masalah rawan bocor apa tidak ya, tapi kita menginginkan setiap kepala daerah bisa mengoptimalkan pendapatan di daerah masing-masing yang selama ini di lakukan secara manual, kemudian perhitungannya kurang tepat dan pengwasanya mungkin kurang baik, ini yang kita ingin tingkatkan sehingga dia makin optimal,” jelasnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro