Siti Muntamah Dilantik Jadi Ketua Dekranasda dan TP PKK Kota Bandung

Bandung – Istri Wali Kota Bandung, Siti Muntamah Oded resmi jadi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung setelah dilantik oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kamis (20/9/2018). Ia dilantik bersama istri kepala daerah lainnya.

Jabatan tersebut merupakan jabatan ex-officio yang melekat kepada istri kepala daerah. Sejak suaminya, Oded M. Danial dilantik menjadi Wali Kota Bandung, Siti pun memiliki peran besar mendampinginya dalam memajukan Kota Bandung.

Dekranasda merupakan mitra kerja pemerintah yang mengelola, mendorong, dan memfasilitasi minat-minat seni kerajinan di masyarakat. Dekranas menjadi wadah untuk mengembangkan dan memasarkan produk kerajinan sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Sebagai Ketua Dekranasda Kota Bandung, Siti akan membina dan mengembangkan anggota Dekranasda yang bergerak di bidang ekonomi kreatif khususnya kerajinan tangan. Siti memiliki tugas besar, sebab sebagai Kota Kreatif yang banyak menciptakan inovasi di bidang kerajinan, Bandung menghadapi peluang dan potensi yang tak terhingga.

“Kota Bandung adalah kota kreatif. Itu bisa kita jadikan pundi-pundi sebagai sumber kesejahteraan masyarakat. Kita dorong kreativitas itu biar bisa go internasional,” ucapnya.

Sebelumnya, sebagai istri Wakil Wali Kota Bandung, ia tidak memulai semuanya dari nol. Ia telah memiliki pengalaman bagaimana mengelola beberapa organisasi sebagai ex-officio. Terlebih lagi, ia juga menjadi ketua bidang perempuan di Partai Keadilan Sejahtera Kota Bandung.

Selain menjadi Ketua Dekranasda, Siti atau yang karib disapa Umi, juga secara ex-officio menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bandung. Tim ini bertugas untuk mendorong peran perempuan dalam pembangunan.

“Bicara PKK adalah tentang bagaimana upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga yang beriman bertakwa berakhlak dan berbudi luhur sejahtera dan sehat lahir batin,” ujarnya.

Menurutnya, peran PKK sangat penting dalam mendukung pencapaian program pemerintah. Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat. Ketahanan keluarga yang baik juga mendukung ketahanan masyarakat.

“Kita membantu program wali kota dan Wakil Wali Kota Bandung dengan 10 Program Pokok PKK, sekaligus mendorong masyarakat dalam menghadirkan kreativitas supaya meningkatkan kesejahteraan,” kata ibu tujuh putri itu seperti dilansir dari Humas Pemkot Bandung.***