Bandung – Seorang anak berusia 6 tahun meninggal dunia dan dua warga lainnya terluka dalam kebakaran yang terjadi di Jalan Karees Kulon RT 3 RW 6, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Kamis (3/5/2018). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.55 WIB diduga akibat meledaknya tabung gas.

“Asal mula api diduga dari gas elpiji 3 kg. Namun untuk kepastiannya lebih lanjut sedang diidentifikasi pihak berwajib,” ujar Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara.

Sebanyak 15 unit kendaraan pancar, 1 unit kendaraan tangki, 2 unit kendaraan penyelamat, 2 unit kendaraan komando, serta 3 unit ambulans dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Namun upaya pemadaman sempat menemui sejumlah kendala, antara lain karena kebakaran terjadi di kawasan permukiman padat penduduk.

Menurut Ferdi, korban atas nama Surya ditemukan sekitar pukul 14.30 WIB setelah tim gabungan Diskar PB Kota Bandung dan Tim Inafis melakukan pencarian di area kebakaran tersebut.

“Korban ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di bagian kamar mandi rumah tersebut. Diduga korban berusaha menyelamatkan diri dengan masuk ke kamar mandi. Namun akhirnya dia terjebak,” ujar Ferdi.

Selain itu, korban warga setempat atas nama Taufik (23) mengalami luka bakar dan dibawa ke RS Muhammadiyah untuk mendapatkan perawatan medis. “Ada juga tiga anggota kita yang tersengat listrik, segera mendapat pertolongan di lokasi, bahkan langsung kembali membantu memadamkan api,” kata Ferdi.

Dari hasil pendataan, jumlah bangunan terbakar sebanyak 26 unit, yang dihuni 43 keluarga di 3 RT berbeda. Untuk sementara waktu, mereka dievakuasi ke salah satu penginapan yang berada tidak jauh dari lokasi kebakaran. Posko darurat dan dapur umum didirikan untuk memenuhi kebutuhan warga korban kebakaran.***