Rekayasa Lalu Lintas, Yana Imbau Pengguna Kendaraan Tetap Tertib

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

Bandung – Setelah uji coba selama dua pekan, Dinas Perhubungan Kota Bandung dan Polrestabes Bandung menetapkan rekayasa jalan di sejumlah titik kemacetan mulai Selasa (16/10/2018).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, bersama Kepala Dinas Perhubungan, Didi Ruswandi dan Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza memantau langsung proses rekayasa di sejumlah titik tersebut.

Adapun rekayasa lalu lintas yang dilakukan di lima titik tersebut adalah:

  1. Penutupan jalan menuju Jalan Cisangkuy dari Jalan Diponegoro dengan pembatas jalan water barrier sehingga pengendara yang akan menuju Jalan Cisangkuy harus berputar balik di depan kantor RRI atau Pusdai.
  2. Penutupan U Turn di Jalan Sentot Alibasa. Dengan begitu, pengguna jalan tidak bisa lagi berputar arah di jalan tersebut.
  3. Jalan Setiabudi, mulai dari depan Rumah Mode hingga pertigaan Jalan Karangsetra dipasangi pembatas jalan menggunakan ‘traffic cone’.
  4. Jalan Dr Rum dibuat satu arah sampai pertigaan hotel Imperium (Jalan Dr Cipto). Dari arah Dr Wahidin tidak diperkenankan belok kanan ke arah Jalan Pasir Kaliki. Pengendara dari arah Dr Susilo menuju Dr Rum atau Jalan Pasir Kaliki harus melewati Jalan Dr Radjiman terlebih dahulu.
  5. Jalan Natuna menuju Jalan Sunda, tepatnya setelah Rumah Makan Sambel Hejo diberi rambu dilarang melintas (Verboden). Sehingga pengendara dilarang menuju Jalan Sunda. Pengendara diberi arah yang akan menuju jalan Sunda untuk melewati jalan Van De Venter.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, rekayasa jalan tersebut untuk membenahi arus sehingga meminimalisir kemacetan.

“Melalui rekayasa lalu lintas ini insya Allah mampu mengurangi kemacetan di Kota Bandung,” jelasnya seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.

Menurutnya, jika rekayasa tersebut dinilai berhasil, maka akan dipermanenkan.

“Bentuk rekaysanya rata-rata kanalisasi dan perubahan arus. Mudah mudahan jika berhasil, bisa dipermanenkan,” ujarnya di sela-sela pemantauan rekayasa jalan.

Yana mengimbau, para pengguna kendaraan mematuhi peraturan lalu lintas agar arus lalu lintas tetap lancar. Yana juga berharap, warga bisa mulai beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi ruswandi mengatakan, pemantauan ini untuk melihat kembali kondisi secara langsung di lapangan.

“Mulai hari ini, sampai seminggu ke depan kita coba rekayasa jalan. Kalau hasilnya baik maka akan berlanjut. Sebaliknya,  jika hasilnya kurang baik maka kita kembalikan,” kata Didi.

Sedangkan Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza berharap, uji coba  rekayasa selama satu minggu itu mampu meminimalisir kemacetan Kota Bandung.

“Seminggu ke depan kita lihat efeknya. Kalau berdampak baik, kita teruskan. Kita cari titik lain yang juga perlu diperbaiki,” ujarnya.***