Ratusan Santri Ikuti Tadzabur Alam Bersihkan Sungai Citarum

Bandung – Dalam rangka Tadzabur Alam, ratusan santri dari Pesantren Kilat Al-Qur’ani ikut berkontribusi menjaga lingkungan dengan melakukan bersih-bersih punguti sampah di bantaran Sungai Citarum Sektor 6 Satgas Citarum Harum Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yudi Zanibar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan membangkitkan kepedulian lingkungan kepada anak-anak usia dini yang kelak dapat menerapkan pengalamannya tersebut kepada rekan-rekannya disekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kegiatan dilakukan oleh para santri ini, memungut sampah di bantaran Sungai Citarum yang dilakukan per kelompok. Setiap kelompok membawa 2 karung yang harus diisi sampah. Kelompok yang mendapatkan sampah terbanyak akan mendapatkan rewards,” ucap Yudi, di sela-sela kegiatan, Kamis (20/12/2018).

Menurut Yudi, pihaknya mengakomodir partisipasi dari santri Pondok Pesantren Al-Basirah 3 Arjasari dan peserta Pesantren Kilat Madrasah Al-Qu’rani Cigebar dalam melaksanakan Tadzabur Alam dalam rangka memohonkan ampun sekaligus bersyukur kepada Allah SWT karena dengan alam dan lingkungan ada sebuah perjalanan yang harus dikoreksi dan disyukuri.

“Kita berharap, dengan mereka berkontribusi dan melaksanakan bersih-bersih, mereka bisa melihat dari sini, dengan ketertarikan mereka bisa menyampaika lagi bagaimana tentang lingkungan dengan retorika maupun bahasa mereka sehingga kedepannya semua bisa melaksanakan kegiatan lingkungan ini dari seluruh lapisan bisa berbuat untuk lingkungan,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro