PRSSNI Dukung Surat Edaran KPID Jabar

Bandung – Pengurus Daerah (PD) Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Barat menghimbau seluruh anggotanya untuk mematuhi himbauan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat perihal pembatasan siaran lagu-lagu berbahasa Inggris.

Dalam surat himbauan yang ditandatangani Ketua PD PRSSNI Jawa Barat Joesoef Siregar dan Sekretaris Dadang Mulyana disebutkan untuk 17 lagu tersebut masuk dalam klasifikasi waktu Dewasa (D), dapat disiarkan pukul 22.00 WIB sampai 03.00 WIB.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi PRSSNI Bandung, Achmad Abdul Basith menyatakan pihaknya mendukung himbauan dari KPID Jawa Barat perihal pembatasan siaran lagu-lagu berbahasa Inggris.

“Pembatasan jam siaran untuk lagu-lagu kategori dewasa diperlukan sebelum keluarnya penegakan aturan berdasarkan undang-undang penyiaran,” ucapnya.

Menurut Basith, seluruh radio anggota PRSSNI Bandung akan berupaya untuk memberikan siaran yang bermanfaat, bermutu dan mendidik bagi pendengarnya.

“Upaya ini sebagai bentuk tanggungjawab pihaknya kepada masyarakat karena frekwensi yang digunakan oleh radio siaran merupakan milik publik,” kata Basith, di Kantor PRSSNI Bandung, Senin (4/3/2019).

Sebelumnya, KPID Jawa Barat melalui surat edaran nomor 480/215/IS/KPID-Jabar/2019 menetapkan sejumlah lagu berbahasa Inggris baik dalam bentuk lagu, video klip, dan/atau sejenisnya hanya dapat disiarkan dan/atau ditayangkan pada lembaga penyiaran yang ada di wilayah Jawa Baat dalam klasifikasi waktu Dewasa (D); mulai pukul 22.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB.

Berikut 17 lagu barat yang dibatasi penayangannya oleh KPID Jawa Barat:

  1. Dusk Till Dawn (Zayn Malik)
  2. Sangria Wine (Camila Cabello ft Pharrell W)
  3. Mr Brightside (The Killers)
  4. Let Me (Zayn Malik)
  5. Love Me Harder (Ariana Grande)
  6. Plot Twist (Marc E Bassy)
  7. Shape of You (Ed Sheeran)
  8. Overdose (Chris Brown ft Agnez Mo)
  9. Makes Me Wonder (Maroon 5)
  10. That’s What I Like (Bruno Mars)
  11. Fuck it I Don’t Want You Back (Eamon)
  12. 12.Bad Things (Camila Cabello ft Machine)
  13. Versace On The Floor (Bruno Mars)
  14. Midsummer Madness (88rising)
  15. Wild Thoughts (DJ Khaled ft Rihanna)
  16. Till it Hurts (Yellow Claw)
  17. Your Song (Rita Ora).***

Rep: Suparno Hadisaputro