Program Reform Leader Academy Bentuk ASN Pemimpin Perubahan

Bandung – Pemerintah Pusat melalui Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus berupaya untuk mendorong semakin banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi pemimpin perubahan, salah satunya melalui  Pendidikan dan pelatihan Reform Leader Academy (RLA) yang merupakan salah satu wadah untuk mengakselerasi terciptanya sosok pelayan publik seperti itu.

Kepala LAN RI, Adi Suryatno mengemukakan, RLA dibentuk agar reformasi birokrasi lebih cepat terlaksana baik di level instansional maupun nasional yang konsepnya berbeda dengan pendidikan dan pelatihan berjenjang pada umumnya, namun para peserta akan memperoleh sertifikat penyetaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PIM 2).

“Di RLA, para peserta didorong menciptakan proyek perubahan secara bersama-sama di level instansional maupun level nasional,” ungkapnya di sela-sela Kampanye Reformasi Birokrasi Nasional Pelatihan RLA, di Gedung Serbaguna PKP2A I LAN RI,  Kamis (8/11/2018).

Menurut Adi, kampanye proyek perubahan berupa konsep Ruang Riung, merupakan upaya untuk menjual gagasan dan mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, dimana konsep tersebut untuk menciptakan ekosistem bisnis milenial ini yang merupakan program nyata yang bermanfaat sebagai wujud implementasi Nawacita.

“Birokrasi saat ini telah mengalami perubahan signifikan. Sesuai tugas LAN RI, kami ingin menciptakan pemimpin perubahan dan mencetak generasi terbaik sehingga pelayanan publik bisa lebih baik lagi,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro