PLN Terus Tingkatkan Elektrifikasi di Jabar

Bandung – Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basyir mengatakan, masyarakat kurang mampu yang mendapat bantuan program sambung listrik gratis akan mendapatkan sambungan listrik PLN daya 450 Volt Ampere (VA) dengan tarif bersubsidi dan sistem layanan prabayar.

“Kami terus bekerja keras bagi pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat terutama rumah tangga tidak mampu yang mengalami kesulitan secara finansial untuk bisa mengakses listrik langsung ke PLN,” katanya.

Menurut Sofyan, dengan sinergi antar BUMN yang sudah dibangun dan terus mendapat dukungan dari pemerintah mampu meningkatkan elektrifikasi di Jawa Barat yang saat ini sudah mencapai lebih dari 90 persen.

“Saat ini rasio elektrifikasi Provinsi Jabar tercatat di level 96,51 persen dengan jumlah KK yang belum terpasang tercatat sebanyak 316.947 KK. Di Kab. Tasikmalaya sendiri, rasio elektrifikasi tercatat di level 92 persen dengan jumlah KK yang belum terpasang tercatat sebanyak 28.977 KK,” ucapnya.

Sementara itu, Ibu Cici yang merupakan salah satu warga penerima bantuan penyambungan listrik menyampaikan kebahagiaannya atas program sinergi BUMN ini.

“Alhamdulillah saya sekarang punya listrik sendiri, tidak lagi nyantol atau minta tetangga,” ujarnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung