Pesawat F5 Tiger TNI AU Kini Lengkapi Taman Lalu Lintas

Pesawat F5 Tiger sumbangan TNI AU resmi melengkapi wahana edukasi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Jalan Belitung, Kota Bandung.

Bandung – Pesawat F5 Tiger kini resmi melengkapi wahana edukasi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Jalan Belitung, Kota Bandung. Pesawat sarat sejarah ini merupakan sumbangan TNI AU.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sangat mengapresiasi hadirnya pesawat F5 Tiger di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution. Hal itu melengkapi fasilitas yang sebelumnya juga telah ada seperti kereta api, kantor pos, SPBU dan jalan tol.

“Bertambah sarana, seperti pesawat udara kali ini artinya bertambah fungsi sebagai tempat edukasi, tempat rekreasi, dan tempat bermain juga,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi  usai menghadiri Peresmian Pesawat F5 Tiger di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Jumat (5/7/2019).

Selain sarana, ia pun mengatakan taman tersebut bisa disebut hutan kota karena banyaknya pepohonan dan kawasan yang ramah dari polusi.

“Tempat yang ramah lingkungan artinya termasuk salah satu hutan kota di Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Staff Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI, Yuyu Sutisna mengungkapkan, pesawat F5 Tiger ini sudah berkiprah selama 35 tahun. Sehingga sangat wajar jika diabadikan dan menjadi wahana edukasi bagi warga.

“Ini bersejarah bagi kami. Banyak para pejabat yang dilahirkan oleh pesawat ini,” tuturnya.

Ia harap hadirnya pesawat di taman tersebut, menjadi edukasi bagi masyarakat. Utamanya mengenai alat tempur udara serta sejarah yang pernah dilalui oleh F5 Tiger di berbagai operasi dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sedangkan Ketua Pembina Yayasan Taman Lalu Lintas Ade Irma Nasution, Ing. Yul Yunaswin Nazzarudin berharap, hadirnya pesawat berfungsi sebagai nilai pendidikan bagi masyarakat.

“Taman Lalu Lintas memiliki tiga fungsi yaiu sebagai taman pendidikan, taman lingkungan hidup dan Taman rekreasi edukasi.  Semoga ini menjadi ikon kota Bandung dan kebanggaan kita semua sebagai tempat yang bermanfaat,” ujarnya.***