Bandung – Pejabat Sementara (Pjs) tim penggerak PKK Kota Bandung, Emma Siti Fatima Solihin menilai perempuan harus memiliki wawasan yang luas dan bermental tangguh. Peran perempuan kini sudah tidak ada bedanya dengan laki-laki, hanya saja dibatas kodrat. Selebihnya emansipasi wanita sudah ditegakkan di Indonesia.

Menurut Emma Solihin, perempuan harus berwawasan karena dirinya akan menjadi tombak dalam pendidikan keluarga bagi anak-anaknya. Sedangkan mental tangguh akan membuat generasi penerus semakin kuat dalam menegakan suatu kebenaran.

Pada peringatan hati Kartini, Emma mengajak para perempuan baik generasi muda maupun orang tua untuk meneladani sikap mental Kartini. Hal itu untuk membangun dan bangkit di zaman emansipasi wanita.

“Banyak sekarang perempuan yang bekerja dan bisa berkarya sesuai dengan minatnya. Itu sudah bagus, apalagi perempuan di Kota Bandung orangnya kreatif-kreatif,” kata Emma melalui rilis Humas Pemerintah Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Di era milenial ini, keteladanan Kartini bisa dilanjutkan dengan berbagai cara. Emma Solihin mengingatkan peringatan hari kartini jangan hanya sekedar seremonial tapi juga aksi nyata.

“Perempuan harus cerdas, beretika, dan salihah karena perempuan juga adalah ibu yang harus bisa mendidik anaknya dengan baik, juga menjadi istri yang taat pada suami,” tuturnya.***