Pemprov Siap Gunakan Pembatas Jalan Produk Korea Selatan

Pagar pembatas jurang bersilinder putar untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. (Foto: Instagram Ridwan Kamil)

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan sudah meminta kepada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat untuk segera mendapatkan informasi terkait pembatas jalan teknologi Korea Selatan (Korsel).

“Dishub sudah saya perintahkan untuk cari datanya. Kalau perlu terbang ke Korea untuk memastikan kita bisa itu secepat-cepatnya agar dianggarkan pengadaan barangnya,” katanya.

Menurut Gubernur, teknologi pembatas jalan dari Korsel tersebut akan diadopsi untuk dipasang di sejumlah ruas jalan di Jawa Barat yang dinilai berbahaya atau rentan terhadap kecelakaan.

Sebelumnya, di akun Instagram miliknya, Ridwan Kamil memposting foto pembatas jalan berbentuk silinder putar warna kuning yang akan dipasang di sejumlah jalan besar di Jawa Barat untuk mengurangi kecelakaan.

Menurut Gubernur, pagar ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar, dan mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi sehingga mobil menjadi melipir ke samping dan terus ke depannya.

“Semoga solusi ini membuat jalanan kita lebih aman,” kata Gubernur, kepada wartawan di Gedung Sate Bandung beberapa waktu lalu.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung