Pemprov Jabar Siapkan Infrastruktur Menuju BIJB Kertajati

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mempersiapkan berbagai infrastruktur penunjang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, salah satunya jalan tol yang merupakan akses menuju bandara. Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa.

“Kita persiapkan, kan kita jadi dulu bandara, nanti menyusul kebutuhan-kebutuhan yang lain. Kita jadi dulu bandaranya lalu jalan tolnya akan terus kita kembangkan,” ucapnya.

Menurut Iwa, selain ruas jalan tol yang sudah ada saat ini yaitu Tol Cipali, dalam waktu dekat ruas Tol Cisumdawu juga segera rampung dan tidak menutup kemungkinan kedepannya akan didukung jalur kereta api yang menuju ke BIJB.

“Satu-satunya bandara yang dilalui oleh 2 ruas jalan tol yaitu BIJB Kertajati, yaitu Tol Cipali dan Tol Cisumdawu,” kata Iwa, kepada wartawan, Senin (4/6/2018).

Iwa menegaskan, BIJB Kertajati beroperasi untuk penerbangan komersial mulai 8 Juni 2018 atau menjelang arus mudik Lebaran 2018 ini dengan sejumlah perusahaan penerbangan yang sudah siap.

“Informasi mengenai harga sudah ada. Dari 5 maskapai penerbangan baru Citilink yang sudah pasti melakukan penerbangan mulai 8 Juni nanti,” katanya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung