Pemprov Jabar dan BNI Syariah Bersinergi Dukung Pengembangan Ekonomi Umat

Bandung – Bank BNI Syariah bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendukung program pengembangan ekonomi umat di Jawa Barat melalui program MESRA (Pembiayaan Masjid Sejahtera), One Village One Hafidzh dan program Rumah Sehat.

Kerjasama ini dituangkan melalui nota kesepahaman antara Pemprov Jabar yang diwakili Gubemur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo.

Penandatanganan dilakukan saat Grand Launching Relokasi BNI Syariah Kantor Wilayah dan Cabang Bandung di Jalan Asia Afrika No. 174, Bandung, Selasa (13/11/2018).

MESRA (Pembiayaan Masjid Sejahtera) merupakan program pembiayaan kepada masyarakat tldak mampu melalui pemberdayaan dan manajemen masjid dengan skema pinjaman.

Penerima pembiayaan berkewajiban menyicil pinjaman dan selanjutnya dana tersebut digulirkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha.

Dalam program One Village One Hafidzh bekerjasama dengan Yayasan Daarut Tauhiid (DT) dalam penguatan karakter umat. Tujuannya mencetak generasi penghafal quran di kota-kota di Jawa Barat.

Nantinya para santri binaan Daarut Tauhiid akan mengajarkan ilmu agama dan kemandirian ekonomi umat di wilayah pengembangan masyarakat di daerah Jawa Barat.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan, BNI Syariah bersama Pemprov Jawa Barat bersinergi untuk mencetak para entrepreneur muda sehingga menciptakan ekosistem pengembangan kemandirian umat.

“Melalui modal usaha yang berkelanjutan dan penguatan ZISWAF, kami berharap dapat menjadi mitra bank syariah yang memberikan kontribusi positif untuk pemerintah daerah sejalan dengan komitmen kami sebagai Hasanah Banking Partner,” ucapnya.

Selain pengembangan ekonomi umat, bentuk sinergi Iainnya di bidang kesehatan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa yaitu program Rumah Sehat berupa pembangunan Rumah Sakit Dhuafa bagi masyarakat tidak mampu dengan pola kemitraan melalui fundraising di program Wakaf Hasanah.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan mobil Aku Cinta Masjid program DT Peduli kerjasama BNI Syariah dengan Yayasan Daarut Tauhiid (DT). Bentuk kerjasama lainnya yaitu program “Masjidku Hasanahku” berupa pelatihan manajemen masjid di 10 kota.***


Rep: Suparno Hadisaputro