Pemkot Bandung Siapkan Solusi Pedagang Terdampak Kebakaran Pasar Gedebage

Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial melihat kondisi sisa-sisa kebakaran di Pasar Gedebage, Bandung.

Bandung – Pemerintah Kota Bandung masih memikirkan dan mencari jalan keluar untuk memprioritaskan nasib para pedagang pasar Gedebage yang kios dan lapaknya terbakar.

Saat meninjau lokasi musibah kebakaran, di Pasar Induk Gedebage Bandung, Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial menuturkan, nasib para pedagang harus segera dicarikan solusinya agar kegiatan ekonominya tidak terhenti dengan bencana kebakaran yang menghanguskan ratusan kios tersebut.

“Keluhan mereka sih hanya ingin cepat berjualan saja supaya ekonominya bisa kembali berjalan,” tutur Oded kepada reporter LPS PRSSNI Bandung.

Menurut Oded, Pemkot Bandung akan segera memanggil PT Ginanjar sebagai pemilik lahan dan kios untuk membicarakan langkah selanjutnya antara lain terkait relokasi dan penampungan sementara bagi para pedagang.

“Kemarin kataya ada kesepakatan antara pedagang dengan PT Ginanjar yang memberikan kesempatan berjualan di pinggir jalan. Tapi seharusnya PT Ginanjar itu kalau mau menggunakan jalan tidak bisa seenaknya karena jalan ini milik pemerintah, ini kan fasum,” jelas Oded.

Oded menyarankan PT Ginanjar untuk menemui Pemkot Bandung sebelum mengambil keputusan terkait kelanjutan aktivitas perdagangan di Pasar Gedebage.

“Sebaiknya PT Ginanjar datang dulu ke kami,” imbaunya.***

Agustin Purnawan/ LPS PRSSNI Bandung