Pemkot Bandung Salurkan Dana Bantuan untuk Mesjid

Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyalurkan dana bantuan sebesar Rp 185 juta untuk 6 masjid besar kecamatan dan 25 masjid kelurahan yang termasuk dalam Eks Wilayah Ujungberung.

Eks Wilayah Ujungberung yang meliputi Kecamatan Mandalajati, Ujungberung, Arcamanik, Cinambo, Cibiru, dan Antapani.

Setiap masjid besar menerima dana Rp 10 juta, sedangkan masjid tingkat kelurahan masing-masing menerima Rp 5 juta. Bantuan tersebut berasal dari dana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung.

“Bantuan yang diserahkan ini dananya sebagian besar berasal dari ASN Pemkot Bandung, yang dikumpulkan setiap bulan,” kata Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin saat menyerahkan bantuan di sela-sela acara Safari Ramadan Kota Bandung di Masjid Al Hidayah Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, Jumat (25/5/2018).

Menurut Solihin, dana ini berasal dari zakat wajib para ASN Pemkot Bandung yang dipotong langsung dari penghasilan tetapnya.

“Tidak setiap harta yang dimiliki merupakan hak kita. Di dalam penghasilan tersebut ada hak orang lain yang lebih membutuhkan. Oleh karena itu, Pemkot Bandung memaksa zakat ditarik dari penghasilan,” jelas Solihin dalam rilis pemerintah Kota Bandung yang diterima prssnibandung.

Solihin menyerahkan sumbangan tersebut secara simbolis kepada Masjid Besar Antapani (Baitul Muttaqien), Masjid Besar Arcamanik (Al Hidayah), Masjid Besar Ujung Berung (Husnul Khotimah) dan Masjid Besar Mandalajati (Al Ikhlas).

Selain penyerahan bantuan, Solihin juga sempat mengutarakan pengalamannya saat Ramadan. Ia mengaku pernah ditegur oleh seorang anak kecil.

“Saya mendapat teguran dari anak kecil ketika buka bersama anak yatim piatu. Anak tersebut menyampaikan kepada saya kalau bisa makan seperti ini hanya di bulan Ramadan saja. Karena begitu masuk bulan Syawal tidak ada undangan makan,” cerita Solihin.

Dari pengalaman tersebut, menurutnya amal seperti saling berbagi tidak hanya dilaksanakan di bulan Ramadan. Tetapi juga harus dilaksanakan di bulan-bulan selanjutnya.

“Sesungguhnya bulan Ramadan ini adalah latihan untuk kita agar dapat beramal di bulan-bulan lainnya yang akan datang,” tuturnya.***