Pemkot Bandung Pererat Kerjasama dengan Kota Hamamatsu Jepang

Bandung – Pelaksana Tugas Wali Kota Bandung Oded M. Danial sangat mengapresiasi kunjungan delegasi Kota Hamamatsu ke Balai Kota Bandung, Jumat (7/9/2018). Apalagi, kunjungan tersebut merupakan rangkaian acara Bandung-Hamamatsu Cultural Festival ke-13.

“Kami sangat berterima kasih telah berkenan berkunjung hari ini. Kami berterima kasih atas segala bantuan dan hubungan yang baik selama ini,” tutur Oded kepada pimpinan delegasi, Tanaka Hiroji.

Kota Bandung dan Kota Hamamatsu telah menjalin kerja sama teknis dengan menandatangani Letter of Intent pada tahun 2014 lalu. Saat ini, kerja sama sedang dalam proses beranjak ke tahap penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Sebelumnya, hubungan antara Kota Bandung dan Hamamatsu telah berlangsung sejak tahun 2002.

Kini, Kota Bandung tengah menjalin kerja sama dengan Kota Hamamatsu di bidang lingkungan hidup. Untuk kerja sama itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung yang menanganinya. Melalui kerja sama itu, Kota Bandung ingin belajar tentang pengelolaan lingkungan yang baik.

“Pengelolaan lingkungan ini yang akan menjadi fokus utama kami lima tahun ke depan,” ungkap Oded.

Pada kunjungan itu, Kota Hamamatsu juga ingin menjalin kerja sama lebih baik lagi dengan Kota Bandung. Mereka sangat terkesan dengan warga Bandung, terutama para pelajar di berbagai jenjang. Setiap tahun, Pemerintah Kota Hamamatsu memberikan bantuan pendidikan bagi 30 pelajar di Kota Bandung.

“Kami juga menggelar speech contest oleh Lembaga Persahabatan Indonesia-Hamamatsu. Pemenang pertamanya kami ajak untuk melihat Jepang yang sesungguhnya,” jelas Tanaka.

Bagi mereka, sebanyak apa pun orang membicarakan tentang Jepang, tidak akan sebanding jika melihat sendiri. Maka mereka senang jika dari Kota Bandung bisa berkunjung ke kota mereka.

“Kami akan sangat senang jika Anda berkunjung ke Hamamatsu,” ucap Tanaka.***