Pameran Buku Tingkatkan Budaya Literasi Masyarakat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka pameran buku Ikapi Jabar bertema Pameran Buku Juara 2018 di Gedung Landmark, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018). (Foto: Suparno-prssnibandung)

Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat yang secara konsisten dan terjadwal mengadakan pameran buku ditengah lesunya usaha percetakan buku akibat masih rendahnya budaya membaca masyarakat saat ini.

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil mengharapkan, pameran buku yang secara rutin dilakukan Ikapi Jawa Barat ini akan mampu mendorong minat baca masyarakat yang saat ini masih cukup rendah dan karenanya ini merupakan tantangan bagi pemerintah untuk meningkatkan budaya literasi.

“Budaya literasi itulah yang menjadi sebuah tantangan di era hari ini, oleh karena itu kita harus ubah karena waktu disurvei ini orang Indonesia 90 persen kesukaannya nonton tv, kesukaan baca buku hanya 17 persen. Rangking literasinya 60,” ucapnya.

Menurut Gubernur, dengan meningkatkan budaya baca masyarakat maka pemahaman, pengetahuan serta daya pikir mereka akan lebih baik sehingga tidak mudah untuk “dibohongi” bisa memilah mana yang baik dan tidak dalam menentukan sesuatu.

“Menaikan budaya literasi agar kita tidak menjadi bangsa yang mudah dibohongi, jadi bangsa yang pintar,” kata Gubernur, dalam sambutannya di acara pembukaan Pameran Buku Juara 2018 di Gedung Landmark, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018).

Dalam acara tersebut, bersama para pengurus Ikapi Jabar, Gubernur langsung membuka pameran buku yang akan berlangsung mulai hari ini, Selasa (6/11) hingga Senin (12/11) mendatang, dan berbagai kegiatan di acara tersebut, mulai dari talk show, seminar, carnival, berbagai lomba hingga pesta diskon.***


Rep: Suparno Hadisaputro