Puluhan Penerbit Ikuti Pameran Buku Juara

Ketua Ikapi Jawa Barat, Mahpudi saat pameran buku Ikapi Jabar bertema Pameran Buku Juara 2018 di Gedung Landmark, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018). (Foto: Suparno-prssnibandung)

Bandung – Puluhan penerbit dari berbagai kota dan kabupaten yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat mengikuti Pameran Buku Bandung yang keempat kalinya di tahun 2018 ini.

Ketua Ikapi Jawa Barat, Mahpudi mengatakan, pameran dengan tema Pameran Buku Juara ini merupakan pertama kali dilakukan selama penyelenggaraan dan sebagai bentuk dedikasi Ikapi dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka visi Jabar Juara Lahir Batin.

Menurut Mahpudi, makna dari Pameran Buku Juara adalah sebagai sebuah wahana tempat atau medium untuk memperluas wawasan masyarakat dan diharapkan buku bisa menjadi instrumen dalam upaya misi visi Jabar Juara.

“Prestasi juara bisa diraih dengan mudah oleh masyarakat jika mereka melek akan informasi salah satunya melalui buku ini,” ucap Mahpudin, di acara pembukaan Pameran Buku Juara 2018 di Gedung Landmark, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018).

Mahpudin menambahkan, pameran kali ini pihaknya mencoba menghadirkan motivasi bagi masyarakat di setiap kegiatannya dengan menghadirkan juara-juara yang saat ini menjadi panutan masyarakat, salah satunya yang akan ditampilkan adalah para atlet peraih medali emas di ajang Asian Games yang baru lalu.

“Kita berharap program budaya literasi dengan satu desa satu perpustakaan bisa memenuhi harapan semua, menuju program provinsi menghadirkan Jabar Juara Lahir Batin,” katanya.

Mahpudin mengakui meski saat ini industri penerbitan masih landai, jumlah penerbit yang tergabung dalam Ikapi Jawa Barat terus bertambah dari sebelumnya 200 penerbit saat ini sudah mencapai 320 penerbit.

“Banyak penerbit yang muncul, kita harapkan sebagai tanda geliatnya industri percetakan buku dengan menghadirkan buku-buku baru yang tentunya berkualitas,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro