Oded Ungkap Tiga Aspek Kunci Pembangunan Wilayah

Bandung – Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyebut, transformasi, kaderisasi dan kemandirian merupakan tiga aspek yang menjadi kunci pembangunan sebuah wilayah. Ketiga hal itu dapat menjadikan lingkungan yang nyaman, aman dan tentram.

“Apabila Baladesa ingin maju dan berkembang dengan baik, maka minimal ada tiga aspek yang harus hadir. Tiga diantaranya transformasi, kaderisasi dan kemandirian,” ungkap Oded saat membuka Kongres Pertama Baladesa (Balad Orang Desa) di RM Cibiuk Jalan Soekarno-Hatta No 508 Bandung, Minggu (26/8/2018).

Mang Oded sapaan akrabnya yakin jika tiga aspek tersebut berjalan dengan baik maka desa atau lingkungan akan maju.

“Kalau kita sebagai warga mampu menghadirkan hal itu, maka jaminannya akan maju. Jadikan Baladesa ini sebauh organisasi yang mampu memberikan transformasi kepada masyarakat,” kata Oded.

Menurut Oded, sebagai organisasi, Baladesa harus menjelaskan visi maupun misinya. Kedua tujuan itu harus jelas sehingga bisa menjawab kebutuhan masyarakat.

“Visi misi ini harus tersampaikan kepada masyarakat. Secepatnya informasikan kepada masyarakat maksud dan tujuannya agar wilayah menjadi maju,” imbaunya.

Oded mengingatkan, setiap wilayah pasti ada pemimpinnya. Setiap pemimpin pasti memiliki rencana untuk membangun wilayahnya lebih maju. Oleh karenanya, ia meyakini, pemimpin pasti memberikan yang terbaik untuk kemajuan lingkungan.

“Yakin kalau kita berorganisasi dengan benar, berniat ikhlas serta punya kesempatan besar maka apa yang kita targetkan akan tercapai,” ujarnya. ***